Round-Up

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang e-TLE Nasional

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 06:54 WIB
Kapolri Luncurkan e-TLE
Foto: Dok Humas NTMC

Tilang Konvensional akan Dilakukan Jika.....


Irjen Istiono menambahkan, tilang konvensional tetap berlaku selama di tempat tersebut belum diterapkan e-TLE nasional.

"Tindak tilang di tempat, ini kan belum serentak semua, kita ada sebagian titik tertentu diterapkan e-TLE, titik tertentu belum. Tilang manual tetap dilakukan dengan skala prioritas, kita lebih mengutamakan dengan semi elektronik," ujar Istiono kepada wartawan di NTMC Polri, Selasa (23/3/2021).

Meski begitu, petugas-petugas yang berada di titik e-TLE bakal dikurangi. Mereka diproyeksikan untuk berfokus mengatur lalu lintas, bukan menindak pelanggar lalu lintas.

"Tentunya bagaimana petugas nanti penindakan di lapangan akan kita kurangi, tapi untuk penegakan hukum pada titik-titik tertentu yang sudah menggunakan e-TLE memang sudah kita kurangi," terangnya.

"Tapi dia (petugas) masih melakukan pengaturan di lapangan, tapi tidak menilang, karena yang menilang dengan mesin (e-TLE) itu sendiri. Tapi pengaturan, kemudian pelayanan yang lain tetap kita lakukan," sambung Istiono.

e-TLE di DKI Diklaim Terjadi Penurunan Pelanggaran


Terpisah, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebutkan bahwa Polda Metro Jaya merupakan pionir penerapan e-TLE. Saat ini sudah ada 98 titik e-TLE statis yang terpasang di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dengan adanya e-TLE ini, jumlah angka pelanggaran di lokasi terpasang e-TLE, terutama Sudirman-Thamrin, mengalami penurunan.

"Di titik yang ada e-TLE terjadi penurunan signifikan pelanggaran lalu lintas. Dari 2019-2020 sepanjang Sudirman-Thamrin rata-rata turun sebanyak 64 persen pelanggaran lalu lintas," kata Fadil di gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Dalam kesempatan peluncuran program e-TLE nasional ini, Fadil menyampaikan akan ada penambahan 60 kamera e-TLE di Jakarta. Jumlah tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

"Berharap dalam waktu dekat kabupaten/kota yang menjadi penyangga Jakarta, seperti Depok, Tangerang, Bekasi. Tadi ada Wali Kota Depok, ada Bupati Kabupaten Bekasi, dan Wali Kota Tangerang, Wali Kota Bekasi juga semoga berpartisipasi membangun kamera e-TLE yang ada di kabupaten masing-masing sehingga di Jakarta bukan hanya Ibu Kota," papar Fadil.

Halaman

(mei/mei)