Gelaran Formula E Tak Jadi di Monas? Ini Kata Wagub DKI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 22:34 WIB
Gambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies Baswedan
Gambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Jakpro tengah menyiapkan lokasi alternatif selain di Monumen Nasional (Monas) untuk gelaran Formula E pada 2022. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kajian masih dilakukan demi mendapatkan lokasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

"Terkait lokasi nanti terus dalam pengkajian mana yang terbaik," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/3/2021).

Rute arena balap Formula E Jakarta sebelumnya direncanakan digelar di area Monas. Riza meyakini Jakpro sebagai pihak yang ditunjuk sebagai penyelenggara Formula E memiliki pertimbangan sendiri, termasuk dalam menetapkan lokasi venue perlombaan mobil listrik ini.

"Silakan saja nanti kan Jakpro akan melakukan penelitian pengkajian tempat terbaik. Terakhir keputusan di Monas, nanti Jakpro bersama konsultan dan lain-lain, penyelenggara akan melihat tempat terbaik di mana. Apakah tetap di Monas, atau tempat lain? Kita serahkan ke kepanitiaan dengan tim dan ahlinya," terangnya.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Jakpro terus melakukan persiapan penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta. Saat ini Jakpro sedang melakukan penjajakan dengan pihak swasta untuk berkolaborasi.

"Persiapan penyelenggaraan Formula E di tahun 2022 tentunya jauh lebih mudah, karena sudah disiapkan sejak 2020. Saat ini sedang dilakukan diskusi dengan pihak swasta untuk berkolaborasi dalam penyelenggaraan Formula E 2022 di Jakarta," ujar Project Director Sportainment Jakpro, M Maulana, dalam keterangannya, Selasa (23/3).

Untuk lokasi balap, Maulana menyebut masih mempertimbangkan beberapa lokasi yang memiliki potensi memamerkan sudut Ibu Kota. Sebab, gelaran Formula E akan disorot mata dunia.

"Saat ini lokasi masih dalam pertimbangan ke beberapa lokasi yang memiliki potensi untuk menunjukkan city branding dan ikon-ikon Kota Jakarta. Itu artinya, Jakarta akan jadi sorotan dunia dan akan dilihat oleh seluruh dunia," kata Maulana.

Jakpro belum menjelaskan secara rinci perihal pertimbangan beberapa lokasi itu. Apakah rencana balap Formula E yang rencana di Monas akan dipindah atau tidak.

detikcom sudah mencoba menghubungi pihak Jakpro terkait lokasi balap Formula E 2022 nanti. Namun belum mendapat jawaban.

Menurut Maulana, penyelenggaraan Formula E di Jakarta nantinya bakal mendatangkan keuntungan. Salah satunya banyak warga negara di luar RI yang menyaksikan lomba balap Formula E Jakarta.

Sebelumnya, rute arena balap Formula E Jakarta bakal digelar di area Monas. Jakpro sempat melakukan uji coba aspal di Monas bagian timur.

Pada saat itu, Deputy Director Communications Formula E Jakpro Hilbram Dunar mengatakan pengaspalan dilakukan dengan dua metode, sandsheet dan geotextile.

(jbr/idn)