Polisi Data Bengkel Se-Jadetabek, Beri Edukasi soal Knalpot Bising

Rakha Arlyanto, Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 18:59 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya terus mengetatkan penekanan polusi suara lewat razia knalpot bising. Bengkel-bengkel yang menjual knalpot bising akan didata.

"Saat ini kita semua satlantas wilayah, satlantas polres sedang melakukan pendataan terhadap bengkel-bengkel variasi yang selama ini ditengarai menjual dan memasang knalpot bising. Kami akan data dan kita akan kumpulkan, kalau perlu kita akan edukasi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Sambodo juga membuka peluang mengundang bengkel-bengkel atau pedagang knalpot bising ke Polda Metro Jaya untuk diberi edukasi dan sosialisasi perihal program filterisasi kendaraan berupa razia knalpot bising tersebut.

"Apakah dengan cara kita datangi satu per satu atau kita undang untuk mengadakan pertemuan di Polda untuk kemudian kita berikan sosialisasi bahwa ada pasal, ada undang-undang yang dilanggar ketika seseorang pengendara sepeda motor menggunakan knalpot bising," terang Sambodo.

Bengkel perlu memahami bahwa dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) diatur mengenai persyaratan kelaikan jalan kendaraan hingga kebisingan suara kendaraan.

"Pasal tersebut mulai Pasal 285 juncto Pasal 122 terkait dengan persyaratan dan kelayakan jalan, salah satunya adalah persyaratan teknis dan kelayakan jalan terkait dengan kebisingan suara," sambungnya.

Kebijakan razia knalpot bising memang kini telah digalakkan oleh jajaran Polda Metro Jaya. Kebijakan tersebut digelar tiap akhir pekan hingga malam menjelang hari libur nasional.

Awalnya, kebijakan tersebut hanya digelar di kawasan Monas. Namun kemudian diperluas polisi hingga kawasan Sudirman-Thamrin dan beberapa daerah penyangga Kota Jakarta.

(mea/mea)