Siapa Pemilik Orang Utan Bikin Tim BKSDA Sumut Diserang Saat Penyitaan?

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 15:55 WIB
Orang utan yang dibawa dari rumah tokoh di Sumut (dok. BKSDA Sumut)
Orang utan yang dibawa dari rumah tokoh di Sumut (dok. BKSDA Sumut)
Binjai -

Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) sempat diserang saat hendak melakukan penyitaan orang utan di Binjai. Siapa sebenarnya pemilik orang utan itu?

Kepala Bagian Tata Usaha BKSDA Sumut Teguh Setiawan mengatakan orang utan itu ditemukan di salah satu rumah tokoh masyarakat di Kota Binjai. Teguh mengatakan orang utan itu diberikan salah satu warga kepada tokoh masyarakat Binjai itu.

"Dari keterangan pemilik rumah, dikasih sama warga," kata Teguh saat dimintai konfirmasi, Selasa (23/3/2021).

Teguh tidak menjelaskan siapa pemberi dan tokoh yang menerima orang utan itu. Dia juga tidak menjelaskan dari mana awalnya orang utan itu didapatkan.

Teguh mengatakan orang utan tersebut telah dibawa oleh petugas BKSDA Sumut. Tidak hanya orang utan, dari rumah tokoh masyarakat Binjai itu juga ditemukan sejumlah burung yang dilindungi.

"Semua satwa dilindungi UU di alamat tersebut sudah diserahkan ke kami. (Diamankan) di salah satu Pusat Penyelamatan Satwa milik BBKSDA Sumut," jelasnya.

Kericuhan itu sempat terjadi saat petugas BKSDA mendatangi rumah salah satu tokoh masyarakat Binjai untuk menyita orang utan, Senin (22/3). Ormas yang ada di lokasi itu disebut menolak menyerahkan anak orang utan dan melempari petugas hingga kaca mobil yang ditumpangi pecah.

Pihak BKSDA Sumut juga telah menjelaskan momen kericuhan tersebut. Teguh mengatakan peristiwa itu berawal saat pihaknya mendatangi sebuah rumah tokoh masyarakat di Binjai untuk menyita orang utan yang merupakan satwa dilindungi. Awalnya proses penyitaan itu berjalan lancar meski orang utan belum berhasil mereka bawa.

"Tadi pagi, kami BKSDA Sumatera Utara dan TNGL bersama mitra kerja kami OIC dan Sumeko itu melakukan evakuasi orang utan dari salah satu rumah tokoh masyarakat Kota Binjai. Situasi kondusif, hanya saja si pemilik rumah minta waktu satu minggu, nanti menyerahkan langsung ke BKSDA. Kita pegang janji itu," ucap Teguh.

Lihat juga video '2 Orang Utan yang Diselundupkan ke Thailand Dipulangkan ke Jambi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2