DPR Lantik Anggota PAW Pengganti Menag Yaqut Cholil Qoumas

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 15:20 WIB
DPR RI melantik satu kader PKB sebagai pengganti antar waktu (PAW) menggantikan Yaqut Cholil Qoumas yang kini menjadi Menteri Agama (Menag). Pelantikan pengganti Yaqut Cholil Qoumas ini digelar dalam rapat paripurna DPR.
Pelantikan anggota PAW pengganti Menag Yaqut (Eva Savitri/detikcom)
Jakarta -

DPR RI melantik satu kader PKB sebagai pengganti antarwaktu (PAW) menggantikan Yaqut Cholil Qoumas, yang kini menjadi Menteri Agama (Menag). Pelantikan pengganti Yaqut Cholil Qoumas ini digelar dalam rapat paripurna DPR.

Rapat paripurna digelar di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/3/2024). Rapat dihadiri 248 anggota Dewan secara virtual dan 100 anggota hadir fisik.

"Menurut catatan dari sekretariat DPR RI daftar hadir pada rapat paripurna pada hari ini telah ditandatangani oleh 100 orang fisik, 248 virtual, 31 izin, total 379 dari 575 anggota dan dihadiri oleh seluruh anggota dari seluruh fraksi DPR dengan demikian kuorum telah tercapai. Perkenankan kami pimpinan dewan membuka rapat paripurna ke-15 dan kami nyatakan terbuka dan terbuka untuk umum," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat.

Dalam rapat paripurna ini, DPR melantik satu anggota sebagai PAW untuk menggantikan Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut digantikan oleh MF Nurhuda Y dari Fraksi PKB DPR RI dapil Jawa Tengah 10.

"Pimpinan dewan telah menerima surat presiden tanggal 16 Maret 2021 tentang peresmian PAW anggota DPR dan anggota MPR masa jabatan 2019-2024 yaitu Saudara MF Nurhuda Y dari PKB dapil Jateng 10 menggantikan Yaqut Cholil Qoumas dari Fraksi PKB," kata Dasco.

Dasco kemudian membacakan tiga Surat Presiden yang masuk ke DPR. Surat itu akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme.

Salah satu agenda dalam rapat paripurna DPR kali ini juga pengesahan Prolegnas Prioritas 2021. Hadir total 379 anggota Dewan secara fisik, virtual, serta izin, sementara sisanya absen.

(eva/rfs)