PPP soal Survei Pilihan Anak Muda: Anies Ahli Tata Kata-RK Tampilan Milenial

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 14:19 WIB
Arsul Sani
Arsul Sani (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis nama sejumlah gubernur, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil (RK), mendapat suara anak muda terbanyak sebagai capres dalam salah satu rilisnya. PPP mengaku belum fokus ke urusan Pilpres 2024.

"Saya tidak mengatakan pilpres itu bukan target utama ya, tetapi juga bagaimana memperbesar kursinya ya di DPR RI kemudian kabupaten/kota, maka yang tahapan sekarang ini pada umumnya, saya lihat partai-partai termasuk PPP itu sedang menyusun longlist-nya, longlist apa? Longlist para kandidat yang akan nanti menjadi caleg di berbagai tingkatan itu," kata Waketum PPP Arsul Sani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Wakil Ketua MPR RI itu juga mengatakan PPP masih menyiapkan langkah strategis untuk menyongsong Pilpres 2024. Arsul masih belum bicara banyak mengenai capres yang akan diusung PPP.

"Kalau tahapan saat ini PPP dan juga saya yakin juga partai-partai lain sedang fokus untuk pertama merumuskan strateginya," ucapnya.

Namun, meski PPP fokus pencalegan, Arsul menilai nama-nama yang muncul dalam hasil survei capres Indikator Politik merupakan sosok yang memiliki pembawaan dan komunikasi publik yang kuat di media sosial. Ia pun mencontohkan Anies memiliki tata kata yang kuat dan RK atau Kang Emil memiliki penampilan yang disukai kaum milenial.

"Nah, tentu juga kemampuan berkomunikasi ya, kalau Pak Anies itu kan memang dikenal sebagai ahli tata kata juga, gitu ya. Jadi tidak heran. Kang Emil juga dengan gaya penampilan milenial itu juga menjadi disukai, kalau Pak Erick atau Pak Sandi Uno juga saya kira sama, mereka juga merangkul juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang banyak, saya kira melibatkan kaum muda lah," ujarnya.

Indikator Politik Indonesia sebelumnya merilis temuan survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Hasilnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali bersaing.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan pertanyaan yang diajukan adalah jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Hasilnya, 15,2 persen anak muda memilih Anies Baswedan menjadi presiden.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.