Pria di Lampung Menebas dengan Golok Saat Ayahnya Makan Siang

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 14:17 WIB
Lampung Tengah -

Pria asal Lampung Tengah, Kukuh Waskito (31), ditangkap setelah diduga memenggal kepala ayah kandungnya. Aksi sadis itu diduga dilakukan ketika sang ayah sedang makan siang.

"Korban ditebas saat makan siang, sedang duduk, makan di belakang, didatangi pelaku, dan minta maaf," kata Kapolsek Kalirejo Iptu Edi Suhendar kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Saat peristiwa terjadi, di rumah hanya ada korban dan pelaku. Sebab, ibunya saat itu tengah mandi di sumur dan lokasinya ada di luar rumah.

"Mereka hanya berdua waktu kejadian, ada ibunya, tetapi itu jauh dari rumah. Memang pelaku datang ke belakang itu sudah bawa golok," katanya.

Golok yang dibawa itulah yang kemudian dipakai untuk menebas kepala ayahnya. Setelah ditebas, kepala dimasukkan dalam karung dan dibawa keliling kampung.

"Dari pelaku diamankan golok dan sepeda motor. Untuk pelaku sendiri saat ini masih di rumah sakit jiwa untuk observasi," ucapnya.

Kukuh sebelumnya diduga memenggal kepala ayah kandungnya pada Senin (22/3). Kukuh disebut mengaku mendapat bisikan gaib.

"Ya betul (ada kejadian anak penggal dan bawa keliling kepala ayah kandung). Kejadiannya kemarin (Senin, 22/3) siang, pukul 13.00 WIB. Pelaku ini inisialnya K," kata Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto.

Popon mengatakan Kukuh mengaku hendak melindungi diri dari sang ayah. Kukuh disebut mengaku bisikan gaib yang dia dapat adalah ayahnya hendak mengirimkan santet kepadanya.

Popon juga menyebut pihak kepolisian mendapat informasi terduga pelaku adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Polisi membawa Kukuh ke rumah sakit jiwa untuk diobservasi.

"Belum (dapat dipastikan K seorang ODGJ). Jadi kemarin saya arahkan Pak Kapolsek untuk segera melakukan observasi dulu di RSJ Provinsi Lampung, di daerah Pesawaran," tutur Popon.

(haf/fjp)