Kapolda Metro Sebut Pelanggaran Lalin di Sudirman Turun 64%, Berkat e-TLE

Yogi Ernes, Rakha - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 13:11 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di peluncuran virtual e-TLE Nasional
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di peluncuran virtual e-TLE Nasional. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Program electronic traffic law enforcement (e-TLE) berskala nasional hari ini resmi diluncurkan di 12 Polda. Polda Metro Jaya merupakan pionir penerapan e-TLE.

Saat ini sudah ada 98 titik e-TLE statis yang terpasang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dengan adanya e-TLE ini, jumlah angka pelanggaran di lokasi terpasang e-TLE, terutama Sudirman-Thamrin, mengalami penurunan.

"Di titik yang ada e-TLE terjadi penurunan signifikan pelanggaran lalu lintas. Dari 2019-2020 sepanjang Sudirman-Thamrin rata-rata turun sebanyak 64 persen pelanggaran lalu lintas," kata Fadil di gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Dalam kesempatan peluncuran program e-TLE nasional ini, Fadil menyampaikan akan ada penambahan 60 kamera e-TLE di Jakarta. Jumlah tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Selain itu, dia menyebutkan nantinya program kamera e-TLE akan turut ditempatkan di beberapa ruas jalan di daerah penyangga Kota Jakarta.

"Berharap dalam waktu dekat kabupaten/kota yang menjadi penyangga Jakarta, seperti Depok, Tangerang, Bekasi. Tadi ada Wali Kota Depok, ada Bupati Kabupaten Bekasi, dan Wali Kota Tangerang, Wali Kota Bekasi juga semoga berpartisipasi membangun kamera e-TLE yang ada di kabupaten masing-masing sehingga di Jakarta bukan hanya Ibu Kota," papar Fadil.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Ahmad Patria menyambut baik peluncuran program e-TLE nasional yang salah satunya berada di Jakarta. Riza memastikan Pemprov DKI Jakarta akan mendukung penuh program e-TLE yang tengah digalakkan oleh kepolisian di Jakarta.

"Tentu kami atas nama Pemprov DKI dan atas nama warga DKI menyambut baik dan mendukung sepenuhnya tidak hanya pembiayaan melalui program di pemerintahan melalui Pak Syafrin nanti dari Dishub kami akan mendukung sepenuhnya pembiayaan dari kegiatan ini lebih jauh," terang Riza.

"Dan lebih penting agar masyarakat melalui program ini lebih tertib dan taat lebih patuh berlalu lintas dan pada akhirnya menyebabkan bahwa angka kecelakaan menurun," sambungnya.

(ygs/mea)