BPK Temukan Masalah Saat Audit Formula E, Golkar Tunjuk Hidung Jakpro

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 06:29 WIB
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan (Dok Istimewa/ Judistira memberikan fotonya kepada detikcom)
Foto: Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan (Dok Istimewa/ Judistira memberikan fotonya kepada detikcom)
Jakarta -

Temuan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menunjukkan adanya masalah pendanaan Pemprov DKI untuk ajang Formula E yang ditunda akibat COVID-19. Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta menilai upaya PT Jakpro belum maksimal untuk pengembalian dana yang sudah dibayarkan.

"Ya saya kira intinya yang disampaikan BPK adalah belum maksimalnya upaya Jakpro, sebagai yang diberi penugasan sebagai penyelenggara Formula E, untuk mengusahakan pengembalian dana yang sudah dibayarkan," kata Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Judistira Hermawan kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

"Baru Bank Garansi yang disetujui untuk dikembalikan," imbuhnya.

Judistira berharap Jakpro dapat maksimal mengembalikan dana Formula E. Sebab, menurutnya kondisi pandemi saat ini cukup tak menentu.

"Dalam situasi yang masih tidak menentu ini akibat pandemi COVID, kita harapkan Jakpro bisa maksimal dalam mengusahakan dana dikembalikan," ujarnya.

BPK sebelumnya telah mengaudit laporan pembiayaan yang dikeluarkan Pemprov DKI untuk ajang Formula E yang ditunda akibat COVID-19. Hasilnya BPK menemukan masalah soal pendanaan.

Dari catatan BPK, Pemprov DKI telah membayar kepada Formula E Operation (FEO) Ltd selaku pemegang lisensi Formula E sebanyak GBP 53 ribu atau jika dirupiahkan mencapai Rp 983,31 miliar.

"Berdasarkan penelitian transaksi keuangan terkait penyelenggaraan Formula E diketahui bahwa pembayaran yang telah dilakukan kepada FEO adalah senilai GBP 53.000.000,00 atau setara Rp 983.310.000.000,00," tulis BPK dalam Buku Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 yang telah dikonfirmasi anggota BPK, Achsanul Qosasi, Senin (22/3).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Formula E DKI Diaudit BPK, Riza: Tak Ada Masalah, Semua Dikomunikasikan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2