MK Perintahkan Pemungutan Suara Ulang Pilwalkot Banjarmasin di 3 Kelurahan

Andi Saputra - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 21:55 WIB
Ilustrasi MK
Ilustrasi sidang MK (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pemungutan suara ulang (PSU) di Pilwalkot Banjarmasin di seluruh TPS di 3 kelurahan. Sebab ada kecurangan di TPS-TPS tersebut.

"Memerintahkan KPU Kota Banjarmasin untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Tahun 2020," kata Ketua MK, Anwar Usman dalam sidang yang disiarkan di chanel YouTube, Senin (23/3/2021).

PSU ulang itu digelar di:

1.Kelurahan Mantuil
2.Kelurahan Murung Raya
3.Kelurahan Basirih Selatan

"Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk melakukan supervisi dan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan dan Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin beserta jajarannya dalam rangka pelaksanaan amar putusan ini," papar Anwar.

"Memerintahkan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk melakukan supervisi dan koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Banjarmasin beserta jajarannya dalam rangka pelaksanaan amar putusan ini," pungkas Anwar.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Banjarmasin menetapkan Ibnu Sina-Arifin Noor mendapatkan suara terbanyak, yaitu 90.908 suara. Sedangkan Ananda-Zakir mendapatkan 74.154 suara. Atas keputusan KPU itu, Ananda menggugat KPU Banjarmasin ke MK.

(asp/knv)