Kompolnas-Komnas HAM Apresiasi Polres Tangsel Pekerjakan Kaum Difabel

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 21:16 WIB
Polres Tangsel buka lapangan pekerjaan bagi kaum difabel. Foto dikirim Kasat Reskrim AKP Angga Surya Saputra.
Foto: Polres Tangsel buka lapangan pekerjaan bagi kaum difabel. (dok. istimewa)
Tangerang Selatan -

Polres Tangerang Selatan memberdayakan kaum difabel di lingkungan kantor polisi. Terobosan ini diapresiasi dan disambut baik oleh Kompolnas dan lembaga hak azasi manusia.

"Ini terobosan yang langka ini. Ada kekurangan di fisik, tapi ada kelebihan di intelektual, kenapa nggak kita gunakan. Sekali lagi saya memberikan apresiasi kepada Kapolres dan jajarannya," ujar Sekretaris Kompolnas Irjen (Purn) Benny Josua dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Menindaklanjuti hal ini, Polres Tangsel siang tadi melakukan pertemuan dengan Kompolnas, Ketua Komnas HAM Choirul Anam, dan Muhammad Hafiz selaku Direktur Human Rights Working Group (HRWG) serta jajaran Kapolsek di wilayah hukum Polres Tangsel.

Sementara itu, Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin mengatakan bahwa pihaknya memberikan kesempatan kepada kaum difabel untuk diberdayakan di Polres tangsel. Kaum difabel mendapatkan kesempatan lapangan pekerjaan pada sektor pelayanan di Polres Tangsel.

"Ini adalah langkah awal kami untuk membangun kesempatan untuk rekan-rekan disabilitas berikan peluang untuk mengabdi. Banyak hal yang harus kami lakukan, kami sangat berharap bimbingan dan arahan sehingga kami bisa lebih meningkatkan pelayanan di kota Tangsel," kata Iman dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

Sebelumnya, Polres Tangerang Selatan merevitalisasi sejumlah sarana dan prasarana dalam pelayanan terhadap masyarakat yang ramah disabilitas. Revitalisasi ini merupakan penjabaran kebijakan Kapolri dalam memperhatikan isu perempuan hingga penyandang disabilitas.

"Ini menindaklanjuti dan menjabarkan kebijakan Kapolri terkait perbaikan sarana dan prasarana bagi masyarakat kelompok rentan dan berkebutuhan khusus. Polres Tangsel melakukan revitalisasi terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam memberikan pelayanan kepolisian bagi masyarakat berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas," kata Kapolres Tangsel AKBP Imam Imanuddin dalam keterangannya, Jumat (29/1).

Imam mengatakan akan bekerja sama dengan Dinas Sosial Tangsel dan komunitas disabilitas untuk memberdayakan para penyandang disabilitas.Penyandang disabilitasakan dipekerjakan sebagai pekerja harian lepas (PHL) di Polres Tangsel dan Polsek jajaran.

"Kita akan merekrut saudara-saudara kita penyandang disabilitas untuk dipekerjakan sebagai Pekerja Harian Lepas (PHL) di Polres Tangsel dan seluruh polsek jajaran. Hal ini kami lakukan sebagai upaya pengejawantahan UU No. 8 tahun 2016," terang Imam.

Tonton juga Video: Pulihkan Ekonomi, Jokowi: Beri Perhatian Khusus Pembukaan Lapangan Kerja

[Gambas:Video 20detik]




(ygs/mea)