Anja Runtuwene Absen di Kasus Korupsi Lahan DKI, KPK Minta Kooperatif

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 17:13 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene absen dari panggilan KPK terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di DKI Jakarta yang menjerat Direktur Utama PD Sarana Jaya nonaktif, Yoory Corneles Pinontoan. KPK pun meminta Anja Runtuwene agar kooperatif.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan Anja tidak bisa memenuhi panggilan KPK hari ini. Menurut Ali, yang bersangkutan meminta dijadwalkan ulang besok.

"Sebagaimana Informasi yang kami terima, Anja Runtuwene (Wakil Direktur PT Adonara Propertindo) mengirimkan surat tertulis kepada tim penyidik KPK untuk diagendakan pemeriksaan ulang pada hari Selasa (23/03/2021)," kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/3/2021).

Dengan penjadwalan ulang besok, KPK meminta Anja untuk kooperatif memenuhi panggilan. "KPK menghimbau dan mengingatkan pada yang bersangkutan untuk kooperatif hadir sebagaimana jadwal yang telah ditentukan tersebut," ucapnya.

Dalam kasus ini, KPK telah melakukan penggeledahan di tiga lokasi yakni Kantor PT Adonara Propertindo di Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat, dan rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara. KPK menyita sejumlah dokumen terkait perkara ini.

"Dari beberapa lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti di antaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini," kata Ali kepada wartawan Selasa (9/3).

Lihat juga Video: Terkait Kasus Lahan Rumah DP Rp 0, KPK Akan Panggil Anies?

[Gambas:Video 20detik]