PPKM Mikro di Jakarta Diperpanjang hingga 5 April

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 14:53 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Pembatasan berlaku sejak 23 Maret 2021 hingga 5 April 2021.

"Jadi, PPKM Mikro sudah diperpanjang oleh pemerintah pusat, mulai tanggal 23 sampai 5 April," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat dikonfirmasi, Senin (22/3/2021).

Riza menyatakan terdapat sejumlah perubahan kebijakan pembatasan di masa perpanjangan PPKM Mikro kali ini. Nantinya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memperbarui keputusan gubernur terkait perpanjangan PPKM Mikro.

"Mudah-mudahan dalam satu hari ke depan, ini kan tanggal 22, mudah-mudahan hari ini nanti Pak Gubernur akan mengeluarkan perpanjangan PSBB. Insyaallah, tidak ada sesuatu yang berarti, sama seperti sebelumnya, mungkin ada beberapa perubahan," jelasnya.

Kemudian, Riza melaporkan saat ini penyebaran COVID-19 DKI Jakarta bisa dikendalikan. Bahkan, tingkat kesembuhan COVID-19 masih di angka 96,4%.

"Kita bersyukur, COVID di Jakarta masih terkendali, kita bersyukur tidak masuk lagi dalam zona merah, angka kesembuhan masih di 96,4%, angka kematian masih di 1,7%. Terkait PCR juga masih 8 sampai 12 kali dari rata-rata WHO. Kemudian jumlah PCR kita sudah lebih dari 3,3 juta. Tes spesimen kita bahkan lebih dari 4 juta," ucapnya.

Pemprov DKI Jakarta tetap menyarankan warga berada di rumahnya masing-masing demi menekan penyebaran COVID-19. Hal ini menyusul arahan pemerintah pusat yang berencana mengizinkan mudik Lebaran pada 2021 ini.

"Sekalipun pemerintah pusat telah memberikan kesempatan, nanti dimungkinkan diperbolehkan mudik, namun demikian, kami tetap minta agar warga Jakarta tetap mempertimbangkan berbagai kegiatan yang berpotensi dapat menyebarkan virus, apakah itu ke luar kota, ke luar negeri, dan sebagainya. Kita jaga perkembangan yang sudah semakin baik ini, dan kita akan terus tingkatkan vaksin di semua faskes dan jajaran yang ada," tegasnya.

Seperti diketahui, Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) memutuskan melakukan perpanjangan sekaligus perluasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan ada beberapa capaian yang berhasil dilakukan selama PPKM ini. Misalnya semua provinsi yang melaksanakan PPKM telah berhasil menurunkan persentase kasus aktif dibandingkan sebelum masa PPKM.

"Provinsi yang telah berhasil menurunkan jumlah kasus aktif dan persentase kasus aktif dalam masa PPKM adalah DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur," kata dia dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/3/2021).

Simak Video: Jokowi Pamer Capaian PPKM Mikro, Tren Kasus Corona Menurun

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)