Perbaikan Rampung, Runway Bandara Halim Siap untuk Operasional

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 20:10 WIB
Proses evakuasi Trigana Air.
Proses evakuasi Trigana Air. (Foto: Dok. Humas Lanud Halim Perdanakusuma
Jakarta -

Perbaikan landasan pacu atau runway Bandara Halim Perdanakusuma yang rusak akibat tergelincirnya Pesawat Trigana Air PK-YSF selesai dilakukan. Otoritas bandara menjamin kondisi runway saat ini aman dilintasi pesawat.

"Itu lah, jadi kegunaan (perbaikan runway) hari ini seharusnya bisa dioperasionalkan. Kami berusaha untuk menjamin keamanan dan keselamatan bagi operators dan pesawatnya melaksanakan take off landing di landasan pacu," kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Nandang Sukarna saat dikonfirmasi, Minggu (21/3/2021).

Nandang menyampaikan proses perbaikan landasan pacu akibat kegagalan landing pesawat cargo tersebut telah dijalankan dengan teliti sesuai prosedur. Sehingga dia memastikan runway siap digunakan.

"Dan kami sampaikan bahwa landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma siap digunakan untuk operasional sebagaimana mestinya," jelasnya.

Dia melaporkan tidak ada kerusakan terhadap barang ataupun korban atas insiden ini. Setelah pesawat berhasil dievakuasi, KNKT akan melakukan investigasi atas penyebab tergelincirnya pesawat cargo ini.

"Tentunya bersyukur juga tidak ada korban, tidak ada kerugian dalam bentuk barang ataupun cargo namun demikian kondisi pesawat masih dalam investigasi dari KNKT kemudian akan dicari penyebab kenapa terjadi kegagalan dalam landing di Halim Perdanakusuma," ucapnya.

Nandang juga menuturkan, selesainya perbaikan runway ini, operasional sudah bisa dilakukan hari ini hanya untuk kegiatan militer. Untuk pesawat sipil baru bisa besok dioperasionalkan.

"Kondisi landasan pacu Halim Perdanakusuma sudah kembali kami operasionalkan secara normal khusus untuk kegiatan operasional militer maupun general aviation kecuali untuk penerbangan sipil ataupun niaga berjadwal. Kami tetap pastikan keberangatan maupun kedatangan pesawat niaga berjadwal dari dan menuju Bandara Halim tanggal 21 Maret 2021 tetap dilayani oleh Bandara Boetta Cengkareng," tuturnya.

"Oleh karenanya tidak ada keraguan, proses pelayanan terhadap penumpang maupun pesawat yang datang dan pergi khususnya niaga berjadwal di Bandara Halim Perdanakusuma pada hari ini memang difokuskan ke Bandara Soetta. Insyallah besok hari 22 Maret 2021 pukul 04.00 WIB, Bandara Halim Perdanakusuma akan kembali kami operasionalkan sebagaimana biasanya yaitu melayani kegiatan penerbangan niaga berjadwal baik batik maupun Citylink serta general aviation lainnya untuk melaksanakan take off maupun landing di Bandara Halim Perdanakusuma," sambungnya.

Sebelumnya, Pesawat Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu atau runway Bandara Halim Perdanakusuma sedang dievakuasi. Perbaikan landasan pacu dilakukan sambil merampungkan proses evakuasi.

"Jadi kita bekerja paralel, jadi sambil mengerjakan pesawat kita juga memperbaiki runway. Jadi runway sudah selesai sampai saat ini sehingga tinggal finishing saja," kata Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto di Bandara Halim Perdanakusuma.

Bambang menjelaskan, perbaikan dilakukan dengan penambalan di sejumlah titik landasan pacu. Kerusakan ini timbul akibat gesekan roda pesawat sewaktu insiden tergelincir.

"Karena pesawat tersebut pada kenyataannya mengalami kecelakaan ya, tapi ini ada gesekan di runway sehingga runway tidak rata lagi, jadi logikanya begitu, sehingga bagian-bagian tidak rata ada cekungan, pecahan, kita segera atasi penambalan," jelasnya.

(idn/idn)