Penerbangan dari Yogya Menuju Halim Dialihkan ke Bandara Soetta

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 11:15 WIB
Penumpang melintas di area terminal kedatangan dan keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta yang dipenuhi dengan ornament khas Yogyakarta. Bandar udara yang memiliki terminal penumpang seluas 219.000 meter persegi tersebut mampu menampung 20 juta penumpang per tahunnya. Bandara Internasional Yogyakarta telah resmi beroperasi sejak 6 Mei 2019 dengan melayani 13 rute penerbangan domestik.
Bandara Internasional Yogyakarta. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Yogyakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma masih ditutup untuk penerbangan sipil selama 24 jam dampak pesawat kargo Trigana Air tergelincir. Imbasnya penerbangan dari 2 bandara DIY dialihkan.

GM Bandara Adisutjipto dan PTS Bandara Yogyakarta International Ariport atau YIA Agus Pandu Purnama menjelaskan penerbangan dengan tujuan Halim Perdanakusuma dialihkan. Hingga siang ini ada 3 penerbangan yang dialihkan ke Cengkareng atau Bandara Soekarno-Hatta.

"Di (Bandara) Adisutjipto itu sampai siang ini ada 2 yang ke Halim. Itu cuma Citilink untuk sementara. Pagi tadi dan siang ini. Kemudian YIA ada 1 penerbangan," kata Agus Pandu saat dihubungi wartawan, Minggu (21/3/2021).

Penerbangan Citilink pagi, kata Pandu, kemudian dialihkan ke YIA. "Jadi digabung dengan Citilink yang ke Cengkareng," ucapnya.

Sementara penerbangan Citilink siang dipindahkan ke Bandara Adi Soemarmo Solo dengan tujuan Cengkareng.

Selanjutnya, untuk penerbangan di YIA terdapat satu pesawat Batik Air tujuan Halim Perdanakusuma. Oleh sebab itu, pihaknya kemudian melakukan reschedule. "YIA ada Batik Air ke Halim, itu sudah kita reschedule, dari YIA ke Cengkareng," terangnya.

"Jadi (semua) yang ke Halim dialihkan ke Cengkareng sambil menunggu informasi lebih lanjut," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, penerbangan sipil di Bandara Halim Perdanakusuma hari ini masih dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dampak dari pesawat kargo Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu atau runway. Pengalihan penerbangan itu dilakukan selama 24 jam ke depan.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang pesawat yang memiliki tiket keberangkatan atau kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma pada Minggu 21 Maret 2021 agar dapat berkoordinasi dengan maskapai mengenai perubahan jadwal atau rute penerbangan seiring dengan dialihkannya penerbangan dari (Bandara) Halim Perdanakusuma ke (Bandara) Soekarno-Hatta," ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Minggu (21/3/2021).

Yado menerangkan saat ini landasan pacu belum dapat digunakan. Pesawat Trigana Air saat ini masih dalam proses evakuasi.

Simak video 'Detik-detik Trigana Air Tergelincir saat Mendarat di Halim PK':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)