Trigana Air Tergelincir, Runway Bandara Halim yang Tidak Rata Diperbaiki

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 14:36 WIB
Jakarta -

Pesawat Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu atau runway Bandara Halim Perdanakusuma sedang dievakuasi. Perbaikan landasan pacu dilakukan sambil merampungkan proses evakuasi.

"Jadi kita bekerja paralel, jadi sambil mengerjakan pesawat kita juga memperbaiki runway. Jadi runway sudah selesai sampai saat ini sehingga tinggal finishing saja," kata Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (21/3/2021).

Bambang menjelaskan, perbaikan dilakukan dengan penambalan di sejumlah titik landasan pacu. Kerusakan ini timbul akibat gesekan roda pesawat sewaktu insiden tergelincir.

"Karena pesawat tersebut pada kenyataannya mengalami kecelakaan ya, tapi ini ada gesekan di runway sehingga runway tidak rata lagi, jadi logikanya begitu, sehingga bagian-bagian tidak rata ada cekungan, pecahan, kita segera atasi penambalan," jelasnya.

Lebih lanjut Bambang menerangkan, proses evakuasi dilakukan dengan cara memotong badan pesawat menjadi tiga bagian. Hal ini dilakukan demi mempermudah proses pengangkutan.

"Tiga bagian. Ekor, sama kepala di pisah. Ekor, badan, kepala. Tiga bagian itu," ucapnya.

"Supaya crane kita bisa angkat karena tonase utuh pesawat berat, 36 ton jadi kalau harus di bagi badan, ekor, kepala itu diangkat crane jadi gampang diangkatnya," sambungnya.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Nandang Sukarna melaporkan progres evakuasi telah berjalan sebesar 70%. Sejauh ini, tim berupaya mengangkat bagian tengah badan pesawat Trigana Air.

"Kalau dari berdasarkan itu mungkin sudah 70% dan ini tinggal nunggu bagian yang terakhir saja, memang besar dan lebar," jelas Nandang.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Trigrana Air PSK YSF tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat tersebut dalam kondisi keluar runway.

Juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/3/2021), mengatakan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.26 WIB. Pesawat keluar runway saat landing.

Penerbangan sipil di Bandara Halim Perdanakusuma hari ini masih dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dampak dari pesawat kargo Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu atau runway. Pengalihan penerbangan itu dilakukan selama 24 jam ke depan.

(idn/idn)