Alihkan Penerbangan ke Soetta, Bandara Halim Siapkan 27 Bus Bagi Calon Penumpang

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 20:26 WIB
Eksekutif General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna (Kadek Melda/detikcom)
Foto: Eksekutif General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Otoritas Bandara Halim Perdanakusuma mengalihkan penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pasca pesawat Trigana Air PK-YSF tergelincir siang tadi. Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsma Nandang Sukarna mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 27 bus untuk calon penumpang dan akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Adapun untuk yang kami upayakan khusus untuk menanggulangi penumpang, kami pindahkan sejumlah calon pengguna jasa transportasi udara kita siapkan bus dari Halim menuju ke Soetta," ujar Nandang, kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (20/3/2021).

"Sekarang sudah ada masing-masing 27 bus dan sudah berjalan, tinggal menunggu gelombang terakhir untuk sampai sore ini," sambungnya.

Nandang menyebut pemberitaan media sudah sampai ke calon penumpang, sehingga mereka langsung untuk beralih ke Bandara Soetta. Tetapi, pihaknya menegaskan bahwa bus selalu stand by di Bandara Halim.

"Kita hanya menyisir saja dari calon penumpang, karena informasi sudah dari rekan media sekalian. Sehingga ada calon penumpang yang sudah menuju ke Bandara Soetta, tapi tetap kami standby-kan bus sampai destinasi ke Soetta," kata Nandang.

Hingga saat ini, Nandang menyebut landasan pacu (runway) di Bandara Halim masih ditutup sampai proses evakuasi selesai. Pihaknya masih menunggu peralatan evakuasi yang memadai sehingga proses evakuasi rampung dengan cepat.

"Untuk kondisi runway sendiri masih kita nyatakan close untuk penerbangan sipil menunggu sampai proses evakuasi pesawat udara yang terkena insiden. Sampai sekarang kami masih menunggu peralatan untuk evakuasi dimungkinkan sesegera mungkin akan tetapi mekanismenya harus cepat tapi memungkinkan untuk diangkut oleh sarana yang disediakan," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.