ADVERTISEMENT

Kapolda Metro Tantang Perwira Lalu Lintas Jadi Kapolsek

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 14:48 WIB
Polda Metro Jaya meluncurkan 30 unit e-TLE mobile.
Polda Metro Jaya meluncurkan 30 unit e-TLE mobile. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memberikan kesempatan kepada perwira jajaran Direktorat Lalu Lintas untuk mengembangkan diri di luar fungsi lalu lintas. Para perwira Lantas diberi kesempatan untuk mencoba tantangan baru memegang jabatan kapolsek.

Namun, untuk merealisasikan hal itu, Fadil meminta agar Biro Sumber Daya Manusia (SDM) dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo melakukan asesmen kepada perwira Lantas yang dinilai layak memegang komando sebagai kapolsek tersebut.

"Pada kesempatan ini, saya perintahkan kepada Karo SDM dan kepada Dirlantas untuk melaksanakan asesmen kepada perwira Lantas yang memiliki kesempatan untuk menjadi kapolsek. Berikan ruang kepada teman-teman yang sudah memiliki kesempatan untuk berbakti kepada masyarakat di luar fungsi Lantas," kata Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021).

Hal itu diungkap Fadil Imran saat memberikan apel pengarahan fungsi Lantas dan pemberian reward serta peluncuran e-TLE mobile di Lapangan Promoter Polda Metro Jaya pagi tadi. Kegiatan ini dihadiri Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dan para pejabat utama Polda Metro Jaya.

"Karena, berdasarkan data yang saya lihat, masih banyak yang belum memiliki kesempatan untuk berbakti di luar fungsi Lantas," kata Fadil.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini berharap, dengan adanya rotasi tersebut, personel bisa lebih mengembangkan diri dengan tantangan baru.

"Jadi tolong kepada pangkat pamen ini, AKP yang sudah lama di Regident, coba dibuat asesmen untuk menjadi kapolsek, supaya bisa memberi kesempatan menjadi kapolsek. Coba di Jakpus, bagaimana mencoba tantangannya menjadi kapolsek, menjaga Ibu Kota, supaya memiliki kesempatan," kata Fadil.

Begitu juga dengan polisi yang bertugas di fungsi reserse. Fadil meminta anggota reserse untuk lebih kreatif dan inovatif.

"Demikian juga yang di fungsi reserse, yang sudah lama di fungsi reserse kasih kesempatan khususnya di polres-polres yang memiliki tantangan dan karakteristik yang luar biasa, Anda akan menjadi tangguh, Anda akan menjadi perwira pilihan apabila Anda sering ditempa segala situasi yang penuh dengan tantangan, yang penuh dengan challenge yang bisa membangun kreatif dan inovatif dari diri Anda," beber Fadil.

Tantangan yang dihadapi personel dapat membangun jiwa kepemimpinan, sehingga nantinya anggota tersebut dapat memimpin sebuah organisasi yang lebih besar.

"Ini akan membangun jiwa leadership, akan membangun kemampuan teknis yang tentunya akan mematangkan Anda secara pribadi dan memajukan organisasi Polri. Di mana pun Anda bertugas, tunjukkan bahwa Anda memberikan pengabdian yang terbaik," tandasnya.

Simak juga 'Blak-blakan Kapolri: Kalau Bisa Melumpuhkan, Kenapa Harus Mematikan':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT