Round-Up

7 Fakta Terkuak soal Hotel Cynthiara Alona Jadi Sarang Prostitusi Anak

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 07:46 WIB
Cynthiara Alona saat ditemui di Polda Metro Jaya.
Cynthiara Alona (Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Artis Cynthiara Alona ditangkap atas kasus prostitusi di Hotel Alona, Kreo, Tangerang. Cynthiara Alona diduga mengetahui dan menyediakan hotelnya sebagai sarang prostitusi anak.

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya menetapkan tiga orang tersangka. Selain Cynthiara Alona, dua tersangka lainnya adalah DA dan AA.

DA adalah muncikari, sedangkan AA pemilik hotel. Ketiganya disebut bekerja sama dalam praktik prostitusi online ini. Polisi mengungkapkan Cynthiara Alona mengetahui, bahkan menyediakan tempat sebagai sarana prostitusi di hotelnya.

"Manajemen hotel baik itu pemilik dan pengelolanya, yang pertama dia menyediakan tempat. Bahkan mengetahui bahwa memang anak-anak yang ke sana tidak perlu pakai KTP," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Yusri mengungkapkan Cynthiara Alona menjadikan hotel miliknya sebagai tempat prostitusi untuk bertahan di tengah pandemi.

Kasus ini terbongkar setelah polisi menggerebek Hotel Alona di Kreo, Tangerang, pada Selasa (16/3). Di sana polisi menemukan sejumlah anak yang dieksploitasi secara seksual.

Dari pengungkapan ini terungkap sejumlah fakta di balik prostitusi di Hotel Alona. Berikut fakta-fakta tersebut.

1. Cynthiara Alona Sediakan Tempat Prostitusi

Tidak main-main, polisi menjerat Cynthiara Alona sebagai penyedia tempat prostitusi di hotelnya. Cynthiara Alona selaku pemilik hotel diduga mengetahui adanya praktik prostitusi di hotelnya itu.

"Manajemen hotel, baik itu pemilik dan pengelolanya, yang pertama dia menyediakan tempat. Bahkan mengetahui bahwa memang anak-anak yang ke sana tidak perlu pakai KTP," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/3/2021).


2. Motif Ekonomi

Cynthiara Alona disebutkan membiarkan hotelnya sebagai tempat prostitusi demi keuntungan bisnis semata. Sepinya tamu hotel di tengah pandemi membuat manajemen hotel menerima tamu anak di bawah umur dan menggunakannya sebagai tempat transaksi prostitusi.

"Memang motivasinya dari pemilik hotelnya, Saudari CCA, public figure, motivasinya masalah ekonomi. Dia lihat situasi COVID-19 hotel kosong, sehingga dia memudahkan satu cara, tapi hal yang salah untuk menyediakan prostitusi online di tempatnya," katanya.

Tonton video 'Hotel Milik Cynthiara Alona Dulunya adalah Kos-kosan':

[Gambas:Video 20detik]





Simak modus operandi prostitusi di Hotel Alona, di halaman selanjutnya