KSAD Dampingi Psikis Aprilio Manganang Usai Resmi Dinyatakan Pria

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 17:41 WIB
Pengadilan Negeri Tondano memutuskan status jenis kelamin Serda Aprilio Perkasa Manganang berganti menjadi laki-laki. Aprilio terlihat bahagia dengan utusan tersebut.
KSAD dan Serda Aprilio Manganang (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Serda Aprilio Perkasa Manganang saat ini sudah resmi dinyatakan sebagai pria. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menuturkan ada sejumlah hal yang akan dijalani setelah status Aprilio Manganang resmi menjadi laki-laki.

"Pertama, yang diperlukan oleh Lanang (panggilan Aprilio Manganang) adalah corrective surgery kedua, yang dijadwalkan oleh tim dokter 4 sampai 6 bulan dari yang pertama. Yang pertama kemarin 1 Maret. Itu prioritas pertama. Tapi itu kan secara fisik," ujar Andika di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Andika mengatakan pihaknya akan mendampingi kondisi psikis Aprilio Manganang. Andika mengaku perlu mengawal kondisi psikis Aprilio dengan baik.

"Secara psikis, saya yakin tidak akan terlalu gampang. Oh tadi pagi perempuan, sekarang laki-laki. Saya yakin, saya perlu ngawal dia supaya secara psikis transisi ini smooth," katanya.

Seperti diketahui, Serda Aprilio Perkasa Manganang awalnya mengidap hipospadia, yaitu kelainan pada alat kelamin. Akibatnya, dia disangka perempuan sejak lahir dan sempat pula menjadi atlet voli putri.

Dengan bantuan KSAD, pria ini kemudian diperiksa di RSPAD dan menjalani operasi korektif. Dia juga mengajukan perubahan data administrasi kependudukan berupa nama dan jenis kelamin ke pengadilan yang sidangnya digelar hari ini.

Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, kemudian memutuskan status jenis kelamin prajurit TNI AD Serda Aprilia Santini Manganang berganti menjadi laki-laki. Sidang tersebut digelar secara online.

"Mengabulkan seluruhnya permohonan Aprilia Santini Manganang," ujar hakim, Jumat (19/3).

Dalam putusan itu, majelis hakim juga mengabulkan pergantian nama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

"Menetapkan jenis kelamin pemohon Aprilia Santini Manganang semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki. Menetapkan pergantian nama pemohon yang semula bernama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang," katanya.

Simak video 'Jalani Sidang Perubahan Nama, Aprilia Manganang Berseragam Dinas TNI Pria':

[Gambas:Video 20detik]



(man/imk)