KPK Duga 13 Sepeda Lapierre Terkait Kasus Edhy Dibelikan Eksportir Benur

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 17:18 WIB
Sebanyak 13 sepeda balap merek Lapierre berwarna merah milik Edhy Prabowo disita KPK. Berikut foto-foto terkininya!
13 Sepeda merek Lapierre disita KPK (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

KPK menyita 13 sepeda merek Lapierre terkait kasus dugaan suap ekspor benih lobster atau benur yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, sebagai tersangka. Sepeda itu diduga dibelikan oleh para eksportir benur untuk keperluan Edhy.

"Hari ini (19/3) tim penyidik KPK menerima penyerahan sepeda sebanyak 13 unit berbagai merek dari pihak yang mewakili tersangka SAF (Safri)," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

"Pembelian sepeda tersebut diduga dilakukan oleh tersangka SAF yang berasal dari uang yang dikumpulkan para eksportir yang mendapatkan izin ekspor benih bening lobster di KKP tahun 2020," imbuhnya.

Ali menduga Safri, yang juga tersangka dalam kasus ini, membeli sepeda itu dari uang yang dikumpulkan para eksportir untuk kepentingan Edhy Prabowo. Namun, dia tak menjelaskan kepentingan yang dimaksud.

"Pembelian sepeda tersebut diduga untuk kepentingan tersangka EP selaku Menteri KKP saat itu," ucap Ali.

Ke-13 sepeda itu sebelumnya dikumpulkan di lobi gedung KPK. Sepeda-sepeda kebanyakan terlihat berwarna oranye.

Sebelumnya, ada tujuh orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benur. Selain Edhy, KPK juga menetapkan mantan staf Edhy Prabowo, Safri dan Andreau Pribadi Misanta; pengurus PT Aero Citra Kargo (ACK) Siswadi; staf istri Edhy Prabowo, Faqih dan sespri Edhy Prabowo, Amiril Mukminin sebagai tersangka penerima suap.

KPK juga menetapkan Suharjito selaku Direktur PT DPP sebagai tersangka. Dia diduga memberi suap kepada Edhy terkait ekspor benur.

Suharjito telah menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta. Dia didakwa memberi suap ke Edhy Prabowo sebesar Rp 2,1 miliar terkait kasus ekspor benur.

(run/haf)