Kesaksian Warga Saat Penangkapan 1 Terduga Teroris di Sumut

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 17:10 WIB
Ilustrasi penggerebekan teroris (insert) (Luthfy Syahban/detikcom)
Ilustrasi (Luthfy Syahban/detikcom)
Deli Serdang -

Sebanyak delapan orang terduga teroris ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Sumatera Utara (Sumut). Warga yang sempat melihat proses penangkapan menceritakan detik-detik salah satu terduga teroris ditangkap.

"Kejadiannya habis Subuh, di lapangan. Bapak itu salat di masjid juga, sama. Pas dibawa waktu di jalan (pulang dari masjid)," kata seorang warga bernama Adit, Jumat (19/3/2021).

Lokasi penangkapan terduga teroris ini berada di Kecamatan Namorambe, Deli Serdang. Adit mengatakan terduga teroris yang dibawa dari lokasi ini dikenal bernama dengan inisial T.

Adit mengatakan T ditangkap oleh tim dari Densus dan langsung dibawa menggunakan mobil. Adit juga mengaku sempat melihat rumah T digeledah seusai penangkapan.

"Pak T. (Yang menangkap) ada lebih dari lima orang, dua atau tiga mobil. Tadi penggeledahan, hampir sejam gitu, ada beberapa yang dibawa, langsung dimasukkan ke mobil," ucapnya.

Adit kemudian menceritakan aktivitas T sehari-hari. Menurut Adit, T menjual keripik. T juga sering bersosialisasi dengan masyarakat.

"(T) jual keripik. Sosialisasi bagus ke masyarakat," jelas Adit.

Warga lainnya, Imam, mengatakan rumah yang ditempati T merupakan rumah sewa. Imam mengatakan T baru 7 bulan tinggal di kompleks itu.

"Sekitar enam-tujuh bulan tinggal disini, nyewa," kata Imam.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan ada delapan terduga teroris yang diamankan. Para terduga teroris ini diamankan di wilayah Medan dan Tanjungbalai.

"Dua yang di Tanjungbalai, enam di Medan," ucapnya.

Simak juga video '22 Tersangka Teroris Jaringan JI di Jatim Dibawa ke Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)