Serda Manganang ke Hakim: Saya Ingin Jadi Laki-laki Sejati

ADVERTISEMENT

Serda Manganang ke Hakim: Saya Ingin Jadi Laki-laki Sejati

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 10:38 WIB
Jalani Sidang Perubahan Nama, Aprilia Manganang Berseragam Dinas TNI Pria
Foto: Serda Aprilia Manganang (20Detik).
Jakarta -

Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara mengelar sidang pergantian nama dan status jenis kelamin Serda Aprilia Santini Manganang secara online. Manganang hadir secara virtual di Mabes TNI AD, Jakarta.

Saat ini, majelis hakim tengah menskors sidang untuk mengambil keputusan. Sebelum skors dilakukan, majelis hakim terlebih dahulu bertanya kepada Manganang.

"Perasaan pemohon setelah jalani operasi meskipun katanya mash ada operasi selanjutnya?" tanya hakim, Jumat (19/3/2021).

Manganang mengaku saat ini dalam keadaan bahagia. Dengan suara bergetar dan berkaca-kaca, dia berterima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa dan istri, Hetty Andika Perkasa.

"Perasaan sekarang sangat bahagia. Selama 28 tahun saya menjalani status sebagai wanita dan saya bersyukur saya bisa lewati itu dan saya berterima kasih kepada Bapak KSAD dan ibu, saya sangat bersyukur atas saran semuanya saya bisa lewati itu dan mungkin ini momen terindah buat saya, saya mau lewati ini dengan hidup baru," kata Manganang.

"Jangan nangis, jangan nangis," kata hakim yang mendengar suara Manganang bergetar.

Manganang pun menegaskan dirinya ingin menjadi seorang laki-laki sejati. "Maaf Ibu, saya ingin menjadi laki-laki sejati dan bisa bertanggung jawab," imbuh Manganang.

Untuk diketahui, Manganang didiagnosis mengidap penyakit hipospadia, di mana ternyata selama ini Serda Aprilia Manganang berjenis kelamin laki-laki. Serda Aprilia Manganang pun menjalani corrective surgery sampai dua kali.

Simak video 'Jalani Sidang Perubahan Nama, Aprilia Manganang Berseragam Dinas TNI Pria':

[Gambas:Video 20detik]



(man/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT