ADVERTISEMENT

KSAD Ungkap Amasya Manganang Juga Idap Hipospadia

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 09:45 WIB
Jakarta -

Amasya Manganang, kakak Serda Aprilia Santini Manganang, juga mengidap hipospadia. Hal itu diungkap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Amasya curhat, 'Bapak, saya juga ingin diperiksa'. Kami siap," ujar Andika di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Andika mengatakan pihaknya kemudian melakukan pemeriksaan medis kepada Amasya Manganang. Pemeriksaan itu dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Menurut saya, kita juga punya tanggung jawab untuk memberikan solusi. Kami juga masih dalam kemampuan kami. Selasa malam juga kami kumpulkan yang menangani Aprilia Manganang dan melakukan pemeriksaan lengkap, hari Rabu kemarin dan hari Kamis kemarin di RSPAD," katanya.

Dari hasil pemeriksaan, Amasya Manganang diketahui memiliki penyakit hipospadia. Penyakit itu sama dengan adiknya, Aprilia Manganang.

"Hasilnya ternyata sangat mirip. Hasil pemeriksaan, Amasya tidak seberuntung kita, sakit juga. Kita sampaikan ke Amasya dan Amasya menjawab, 'Saya kalau bisa dibantu, saya ingin menjadi diri saya sebenarnya'. Kita putuskan, kita akan siapkan prosedur sama. Beliau juga serius masuk hipospadia serius," katanya.

Andika mengatakan Amasya juga perlu menjalani corrective surgery sampai dua kali. Tindakan itu juga sama dengan yang dijalani Aprilia Manganang.

Saat ini, Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, menggelar sidang permohonan pergantian nama dan status jenis kelamin Aprilia Manganang. Sidang tersebut digelar secara online.

Aprilia Manganang selaku pemohon memberikan kuasa untuk menghadiri sidang. Aprilia Manganang saat ini mengikuti sidang secara virtual di Mabes TNI AD.

(man/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT