Ketua Komisi VI DPR: KAI Jangan Naikkan Tarif GeNose!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 08:29 WIB
Faisol Riza Ketua Komisi VI Ketua DPP PKB
Faisol Riza (Foto: dok. Pribadi)
Jakarta -

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) tidak menaikkan tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Faisol Riza meminta KAI tidak memikirkan untung sesaat.

"Saya minta KAI jangan menaikkan tarif GeNose. Jangan menaikanlah, kalau menaikkan itu kan membebani penumpang. Sementara kita harapkan penumpang lebih banyak menggunakan kereta api sebagai moda transportasi yang pada masa COVID awal kemarin itu penumpang kereta api turun drastis," kata Faisol Riza kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Faisol menilai saat ini KAI memerlukan dukungan agar jumlah penumpang meningkat. Dia mengkhawatirkan penumpang kereta api akan berkurang jika tarif tes GeNose dinaikkan.

"Biaya untuk melakukan tes PCR maupun rapid test itu kan masih tinggi. Ini KAI sekarang memerlukan dukungan supaya penumpang kereta api lebih banyak, nah kalau GeNose ini bisa kita patok harusnya 20 ribu itu kan kereta api sudah untuk dari tiket penumpang, ngapain juga mencari keuntungan lain untuk biaya tes GeNose harus dinaikkan," katanya.

Faisol meminta agar KAI tidak memikirkan keuntungan sesaat, namun tidak bisa mendukung percepatan pemulihan perekonomian.

"Jadi justru bagus kalau KAI bisa mematok harga segitu maka yang lain-lain otomatis juga mematok harga kurang lebih sama. Dan itu akan menggerakkan perekonomian, jadi jangan memikirkan untung sesaat tapi justru tidak bisa mendukung percepatan perekonomian, nggak apa-apa itu GeNose dengan harga patokan yang rendah seperti itu bagus buat KAI justru," tandasnya.

Sementara itu Anggota DPR lainnya meminta PT KAI untuk menjelaskan alasan kenaikan tarif tes tersebut secara lebih rinci. Penjelasan dibutuhkan sehingga tak menimbulkan pertanyaan.

"Saya kira masyarakat tidak begitu mempersoalkan ketika naik 20 ribu menjadi 30 ribu. Cuma bentuk proses penjelasan yang detail kemudian juga tidak menimbulkan pertanyaan-pertanyaan," kata Anggota Komisi IX dari Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Rahmad menyebut masyarakat perlu penjelasan yang rinci. Dia menilai KAI memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan itu.

"Saya kira diperjelas lebih terperinci sehingga masyarakat semakin paham, semakin tahu bentuk rasa tanggung jawab informasi publik kepada masyarakat," kata dia.

Simak terkait rencana kenaikan GeNose C19 di halaman berikut

Saksikan video 'Antusiasme Penumpang Kapal soal Penerapan GeNose C19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2