Berkat Kampung Sehat 2, Pariwisata di Lombok Tengah Mulai Hidup

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 23:26 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Tempat wisata di NTB yakni Kampung Adat Sade, Desa Rembitan Kecamatan Pujut, Lombok Tengah termotivasi dengan Kampung Sehat 2. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Sanah menjelaskan kampung tersebut menerapkan prokes untuk memulihkan kondisi tempat wisata di tengah pandemi COVID-19.

"Penerapan protokol yang ketat pada program kampung sehat 2 ini, merupakan salah satu upaya kami untuk memikat kembali para pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Sanah dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Sanah mengatakan sebelum ada pandemi, Kampung Adat Sade biasa dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara hingga 2.000 pengunjung setiap harinya. Namun, setelah COVID-19 mewabah, pengunjung di tempat ini menyusut total.

Menurutnya lewat program Lomba Kampung Sehat, dengan mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan disiplin protokol kesehatan dipercaya mampu memikat wisatawan untuk kembali.

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

Pemandu Wisata Kampung Adat Sade, Abdul Rahim mengatakan setelah protokol kesehatan diperketat di setiap tempat wisata dan Kampung Sehat digelar, beberapa tempat wisata di Lombok mulai hidup. Menurutnya di Sade pengunjung mulai ada walau tak seramai sebelum pandemi, banyak wisatawan juga menanyakan protokol kesehatan untuk tempat yang akan mereka kunjungi.

"Rata-rata tamu yang saya antar pasti menanyakan protokol kesehatan di tempat wisata yang dituju, ini sebabnya saya mengatakan bahwa pengetatan protokol kesehatan ini berdampak positif bagi tempat wisata, sebab tidak membuat ragu wisatawan yang akan datang," pungkasnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB
(prf/ega)