Kampung Sehat 2 NTB, Bhabinkamtibmas Bantu Tracing Pasien COVID-19

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 22:09 WIB
Tracing keluarga pasien COVID-19
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Bhabinkamtibmas Desa Labuhan Lalar, Briptu Agus Rahmat Hidayat melakukan Tracing contact terhadap keluarga pasien COVID-19 di Dusun Bangsal. Kegiatan yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan dan pihak desa ini dilakukan agar masyarakat yang terpapar COVID-19 bisa mendapatkan perawatan dengan cepat.

Tracing ini masuk ke dalam Lomba Kampung Sehat 2 NTB yang tak hanya mengajak masyarakat agar hidup sehat dengan pola 5M. Namun 3T (testing, tracing, treatment) menjadi program Lomba Kampung Sehat 2 yang diinisiasi Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil swab dan PCR salah satu anggota keluarga di desa setempat dinyatakan positif COVID-19. Nantinya setiap masyarakat yang terpapar akan dilakukan perawatan untuk menghindari potensi penularan ke orang lain.

"Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di desa tersebut, anggota melakukan Tracing contact membantu tenaga kesehatan dan pihak desa," ungkap Paur Humas Ipda Eddy Soebandi dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Eddy menjelaskan anggota Polri wajib membantu mengamankan dan melakukan Tracing contact terhadap keluarga pasien COVID-19, sehingga berjalan dengan baik.

Tracing keluarga pasien COVID-19Tracing keluarga pasien COVID-19 Foto: dok. Polda NTB

"Setelah dinyatakan positif COVID-19, keluarga dan kerabat pasien ditracing, agar penyebaran COVID-19 tidak terjadi," kata Eddy.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas yang tergabung dalam batalyon vaksinator dan tracing ini bekerja sama dengan tenaga kesehatan mencari warganya yang telah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Dengan keluar masuk rumah dan desa, tim ini menyisir sambil memberikan edukasi protokol kesehatan kepada warga yang ditemui. Bhabinkamtibmas juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Warga juga diimbau agar selalu menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB
(prf/ega)