Duh! 76 Kabupaten/Kota Masuk Zona Merah Kepatuhan Masker

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:50 WIB
Poster
Foto ilustrasi kepatuhan memakasi masker. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan data kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) pencegahan virus Corona. Berdasarkan data, masyarakat di 76 kabupaten/kota di Indonesia tidak patuh memakai masker.

"Berdasarkan data pemantauan terkait kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan pada 423 kabupaten/kota, maka dapat terlihat dalam 1 minggu terakhir sebanyak 144 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 76-90 persen. Selain itu sebanyak 115 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di tingkat 91-100 persen," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Setpres, Kamis (18/3/2021).

"Selanjutnya sebanyak 88 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di tingkat 61-75 persen, dan sebanyak 76 kabupaten/kota memiliki kepatuhan di bawah 60 persen," imbuhnya.

Wiku menjelaskan 76 kabupaten/kota tersebut masuk kategori zona merah kepatuhan memakai masker. Sebuah kabupaten/kota masuk kategori zona merah jika kepatuhan menerapkan protokol kesehatannya di bawah 60 persen.

Lebih lanjut, Wiku menyebut mayoritas masyarakat di seluruh kabupaten/kota di Indonesia patuh terhadap prokes menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sebanyak 167 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan di atas 75 persen.

"Selain itu, berdasarkan kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, terlihat bahwa mayoritas kabupaten/kota di Indonesia, atau sejumlah 167 kabupaten/kota memiliki kepatuhan dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan di tingkat 76-90 persen. Selanjutnya, sebanyak 101 kabupaten/kota memiliki kepatuhan di tingkat 91-100 persen," ungkap Wiku.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Walkot Blitar Ngaku Khilaf-Minta Maaf soal Nyanyi Tanpa Masker

[Gambas:Video 20detik]