Bunuh PSK di Palembang, Agus Berdalih dalam Pengaruh Obat Kuat

M Syahbana - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:29 WIB
Rekonstruksi pembunuhan PSK di Palembang (Syahbana-detikcom)
Rekonstruksi pembunuhan PSK di Palembang. (Syahbana/detikcom)
Palembang -

Polisi menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan seorang wanita yang diduga sebagai PSK, Yuliana (25), di Palembang. Tersangka kasus pembunuhan ini, Agus Saputra alias Berry S (23), mengaku dalam pengaruh obat kuat saat membunuh.

Pantauan detikcom di hotel lokasi rekonstruksi, Palembang, Kamis (18/3/2021), terdapat 37 adegan yang diperagakan oleh Agus. Pembunuhan dilakukan dengan cara membekap korban dengan bantal.

"Saya nekat menganiaya korban dengan cara mengikat mulut, menindih kepala korban dengan bantal, serta menutup badan korban dengan selimut, karena sebelum datang ke hotel saya mengkonsumsi pil obat kuat," kata Berry.

Dia mengklaim korban mengingkari perjanjian awal. Dia mengatakan korban tak memenuhi ajakan berhubungan badan kedua kalinya.

"Janjinya sesuai di aplikasi MiChat Rp 400 ribu itu bisa main sepuasnya selama 3 jam, tapi baru satu kali main dia sudah tidak mau lagi, padahal saat itu waktu baru menunjukkan setengah jam. Karena pengaruh 'pil obat kuat' yang saya telan sebelum bertemu korban, efeknya masih terasa, saya pun emosi dan nekat melakukan aksi itu," ujarnya.

Dalam rekonstruksi ini, adegan Agus meminta 'main lagi' diperagakan pada adegan ke-14. Penganiayaan dimulai pada adegan ke-15 setelah korban menolak ajakan Agus.

"Korban menolak melayani pelaku untuk kedua kalinya di adegan 14, dan pada adegan 15 tersangka mulai dianiaya tersangka dengan cara membekap mulut dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang kedua tangan korban," kata Kasubnit Riksa Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang Iptu Naibaho.

"Pada adegan ke-22, setelah memastikan korban tidak lagi bergerak pelaku menutup tubuh korban dengan selimut," ucapnya.

Sebelumnya, jasad Yuliana ditemukan di kamar hotel daerah 9 Ilir, Ilir Timur III, Palembang, pukul 23.30 WIB, Selasa (5/1). Saat ditemukan, ada darah di wajah korban dan di bantal.

Dari pemeriksaan saksi-saksi, korban diduga sempat melayani beberapa laki-laki hidung belang di hotel tersebut. Dia ditemukan tewas setelah sempat menginap 2 hari.

Korban diketahui masuk ke hotel Rio pada Minggu (3/1) seorang diri. Dia diduga datang ke hotel setelah dipesan pria hidung belang lewat aplikasi MiChat.

"Korban wanita penghibur, status freelance melayani itu (pria hidung belang). Dipesan lewat MiChat," terang Plt Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Eddy Rahmat.

Polisi kemudian menangkap Agus yang diduga membunuh Yuliana pada Minggu (17/1). Dia ditangkap di lokasi persembunyiannya di Palembang.

"Pelaku sudah ditangkap. Gabungan dari jajaran Subdit Jatanras dan Sat Reskrim Polrestabes," kata Kasubdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi kepada wartawan, Minggu (17/1).

Agus ditembak di bagian kaki karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Lihat juga Video: Pria di Sukabumi Tega Bunuh-Buang Nenek Kasinem ke Septic Tank!

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)