Plt Gubernur Sulsel Lapor Jokowi Pulau Lakkang Terisolir, Minta Bangun Jalan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 16:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat di Makassar (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat di Makassar. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Makassar -

Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Pulau Lakkang yang berada di tengah Kota Makassar yang masih terisolasi. Andi ingin ada kolaborasi Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat untuk pembangunan akses dari pulau tersebut.

"Kami perlu menyampaikan juga, di Makassar ini ada pulau di tengah (Kota) Makassar, mereka (warga) harus keluar menggunakan perahu, namanya Lakkang," kata Andi Sudirman di Acara Peresmian Kolam Regulasi Nipa-nipa, Maros, Kamis (18/3/2021).

Untuk diketahui, Lakkang merupakan sebuah delta atau pulau yang berada di tengah Kota Makassar yang dikelilingi Sungai Tallo. Saat ini warga di pulau tersebut harus menyeberangi Sungai Tallo setiap kali ingin masuk ke wilayah Kota Makassar.

"Jadi di tengah Kota Makassar ada pulau di tengah, namanya Pulau Lakkang. Untuk mengakses itu harus menggunakan perahu," ujar Andi di hadapan Jokowi.

Kolaborasi pembangunan akses ke wilayah Lakkang yang dimaksud Andi ialah pembangunan jalan inspeksi di Sungai Tallo.

"Kami sebenarnya mengusulkan bahwa bagaimana ketika kami Provinsi siap, kemudian Kota juga siap, kemudian Pusat, untuk membuat jalan inspeksi sungai sehingga bisa mengakses langsung ke pulau itu, sehingga mereka menjadi tidak terisolir di tengah Kota Makassar, mereka di keliling sungai," ucap Andi.

Selain meminta akses menuju Lakkang, Andi sebelumnya meminta dukungan pusat untuk penuntasan sejumlah proyek strategis di Sulsel, seperti pembangunan jalur ke wilayah terisolasi di Seko, Luwu Utara, hingga pembangunan Makassar New Port.

Sementara itu, Jokowi memastikan dukungannya untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di Sulsel, seperti Makassar New Port.

"Makassar New Port itu sangat penting sekali, itu akan menjadi hub Indonesia bagian timur, akan saya dorong nanti Menteri Perhubungan untuk bisa menyelesaikan dan Menteri BUMN agar segera bisa beroperasi dan berfungsi," kata Jokowi.

Jokowi juga sempat menanggapi laporan Andi Sudirman dengan guyonan. "Tadi pak gubernur masih meminta banyak sekali hal-hal yang kurang di Sulawesi Selatan. Padahal pagi tadi baru saja kita resmikan bandara Tana Toraja yang hampir Rp 1 triliun. Ada juga beberapa waduk yang ada di Sulawesi Selatan yang mungkin tahun ini juga akan kita resmikan," ujar Jokowi.

(nvl/idh)