detikcom Do Your Magic

Ada #PakiruntukSepeda, Sepeda di Stasiun Tebet Tak Lagi Dirantai di Pagar

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 15:47 WIB
Parkir sepeda di Stasiun Tebet, Kamis (18/3).
Parkir untuk sepeda di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Rak parkir sepeda sudah tersedia di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan. Sebelum ada rak parkir, sepeda diparkirkan dengan cara diikat rantai di pagar stasiun.

Pantauan detikcom di lokasi pada Kamis (18/3/2021) pukul 14.50 WIB, terlihat satu sepeda yang terparkir rapi di fasilitas yang baru disediakan PT KAI. Sebelumnya, pada Rabu (20/1), sepeda merah itu diparkir dengan cara diikat di pagar stasiun karena tidak ada rak khusus parkir sepeda.

Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun.Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat di pagar stasiun. (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)

Bentuk rak parkir sepeda sama dengan rak parkir lain yang disediakan di 22 stasiun di DKI Jakarta dan sekitarnya. Rak parkir sepeda dipasang di area parkir motor stasiun.

Di tiap sisi rak tersebut dipasangi kerucut lalu lintas. Jadi, tidak ada motor yang parkir menghalangi area parkir sepeda.

Ada tempat hand sanitizer yang disediakan di rak parkir tersebut. Namun sayang, tempat hand sanitizer tersebut kosong.

Diketahui, PT Kereta API Indonesia (KAI) telah menyediakan rak parkir sepeda di 22 stasiun kereta rel listrik (KRL) di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Ke-22 rak sepeda itu tersebar di beberapa stasiun di Jakarta dan Bekasi.

"Untuk rak sepeda, saat ini sudah tersedia di 22 stasiun untuk Daop 1 Jakarta," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Rak-rak sepeda tersebut ada di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta hingga Bekasi. Penyediaan rak sepeda dimulai KRL sejak pertengahan Februari lalu. Kini total sudah ada 22 stasiun KRL yang punya rak sepeda.

"Pengadaan rak sepeda untuk stasiun lain bakal diadakan bertahap," kata Eva.

Parkir sepeda di Stasiun Tebet, Kamis (18/3).Parkir sepeda di Stasiun Tebet, Kamis (18/3). (Afzal Nur Iman/detikcom)

Tonton juga Video: Begini Kondisi Tempat Parkir Sepeda di Stasiun-stasiun KRL

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)