detikcom Do Your Magic

Kondisi #ParkiruntukSepeda di Stasiun Bekasi Setelah Ada Rak Baru

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 13:32 WIB
Parkir sepeda di Stasiun Bekasi.
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Kota Bekasi -

Sekitar pertengahan Februari 2021, Stasiun Bekasi mendapat dua rak parkir sepeda baru. Sebelum penambahan, parkir sepeda di Stasiun Bekasi, menggunakan gawang dengan tiga tiang.

Fasilitas parkir yang lama hanya batang besi memanjang berwarna abu-abu seperti warna tiang lampu di dekatnya. Warna tiang untuk sepeda samar dan tidak mencolok, serta tak ada penanda bahwa gawang itu untuk parkir sepeda.

Tiang tersebut hanya muat untuk sekitar lima sepeda. Sepeda yang tidak kebagian tempat, biasa ditempel di tiang lampu atau pagar dengan rantai.

Parkir sepeda di Stasiun Bekasi.Parkir sepeda yang lama di Stasiun Bekasi. Foto: Afzal Nur Iman/detikcom

Kini, pengelola stasiun telah menambahkan dua buah rak parkir sepeda. Posisinya tak jauh dari tempat parkir sepeda yang lama.

Rak sepeda yang baru memiliki warna cerah dengan model lekukan. Terpasang juga papan tulisan 'Tempat Parkir' dengan lambang sepeda.

Dengan tambahan dua rak tersebut, Stasiun Bekasi bisa menampung lebih dari sepuluh sepeda. Pantauan detikcom pada Kamis (18/3/2021), pukul 12.20 WIB, ada tiga sepeda parkir di tempat lama, dan satu di tempat baru.

Parkir sepeda di Stasiun Bekasi.Rak baru untuk parkir sepeda di Stasiun Bekasi. Foto: Afzal Nur Iman/detikcom

Diketahui, PT Kereta API Indonesia (KAI) telah menyediakan rak parkir sepeda di 22 stasiun kereta rangkaian listrik (KRL) di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. 22 rak sepeda itu tersebar di beberapa stasiun Jakarta dan Bekasi.

"Untuk rak sepeda, saat ini sudah tersedia di 22 stasiun untuk Daop 1 Jakarta," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Rak-rak sepeda tersebut ada di stasiun-stasiun KRL kawasan Jakarta hingga Bekasi. Penyediaan rak sepeda dimulai KRL sejak pertengahan Februari lalu. Kini total sudah ada 22 stasiun KRL yang punya rak sepeda.

"Pengadaan rak sepeda untuk stasiun lain bakal diadakan bertahap," kata Eva.

Simak juga video 'Begini Kondisi Tempat Parkir Sepeda di Stasiun-stasiun KRL':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)