detikcom Do Your Magic

Jl Raya Industri Bekasi Tak Lagi Hancur, Kendaraan Melintas dengan Lancar

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 10:10 WIB
Jl Raya Industri Bekasi telah selesai perbaikan yang kedua. Kini, kendaraan bisa mulus melintas.
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Kabupaten Bekasi -

Setelah perbaikan jalan, kendaraan di Jl Raya Industri, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, bisa melintas dengan lancar pagi ini. Tidak ada lagi kendaraan yang menghentikan lajunya sejenak seperti saat jalan tersebut masih rusak.

Pantauan detikcom di lokasi pada Kamis (18/3/2021) pukul 09.15 WIB, arus lalu lintas di jalan tersebut, tepatnya di dekat PT Mulia Keramik, terlihat lancar. Dua hari setelah jalan diperbaiki, kendaraan bisa melaju tanpa tersendat untuk mengambil ancang-ancang saat melewati lubang-lubang besar yang sebelumnya ada di situ.

Kendaraan yang lewat juga bisa melaju lurus tanpa harus menghindari lubang yang ada. Kendaraan yang ingin menyalip juga tidak perlu takut kendaraan di sampingya berguncang.

Jalan memang masih bergelombang karena tambalan. Namun hal tersebut tidak sampai menimbulkan guncangan, bahkan ketika melaju dengan kecepatan 60 km per jam.

Tempat air untuk mencegah genangan di badan jalan juga sudah dibuat dengan cara mengupas bahu jalan. Meski kecil, pengupasan bahu jalan cukup efektif untuk membuat genangan tidak berada di badan jalan. Masih terlihat sisa puing-puing bekas pengupasan bahu jalan di lokasi tersebut.

Jalan tersebut sudah dua kali diperbaiki pada Selasa (9/3) dan terakhir pada Senin (15/3) sebagai bentuk pemeliharaan jalan. Tahun depan rencananya akan ada peningkatan jalan dengan beton sekaligus membuat saluran air secara permanen.

"Kalau kemarin itu, untuk tahun depan betonisasi termasuk saluran air. Tapi kan harus koordinasi dulu ke Mulia Keramik, apa dia mau terima tampungan air semua masuk ke situ kan," kata pengamat jalan Dinas BMPR Provinsi Jabar Agus Salim saat dihubungi, Selasa (16/3).

Simak 'Saat Jl Raya Industri di Kabupaten Bekasi Serasa Offroad':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)