Gelar Parliament of The Year 2021 Tambah Koleksi Penghargaan Bamsoet

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 18:41 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memperoleh penghargaan Parliament of The Year dalam ajang Teropong Parlemen Awards 2021 yang digelar salah satu media online. Penghargaan yang ketiga kalinya di dapat ini diberikan berdasarkan penilaian kontribusi Bamsoet dalam memimpin MPR RI menghadapi pandemi COVID-19.

Menurutnya, cara terbaik menghadapi pandemi COVID-19 adalah dengan membangun kesadaran kolektif serta semangat gotong royong dari segenap komponen bangsa, untuk mengaktualisasikan jiwa solidaritas kebangsaan melalui berbagai aksi sosial kemanusiaan.

"MPR RI merealisasikan semangat solidaritas tersebut melalui program MPR Peduli Lawan COVID-19, yang diisi berbagai kegiatan," urai Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjabarkan di masa pandemi COVID-19, pihaknya menjalankan program MPR Peduli Lawan COVID-19. Kegiatan yang dilakukan, antara lain pengumpulan donasi, penyaluran bantuan sembako dan alat pelindung diri/APD (berupa masker, sarung tangan, hand sanitizer). Bantuan tersebut disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19, mulai dari pengemudi ojek online, insan pers, hingga petugas pemakaman jenazah pasien COVID-19.

"Berbagai kegiatan sosial kemanusiaan tersebut merupakan manifestasi nyata dari perwujudan majelis sebagai representasi rakyat. Kepekaan dan solidaritas sosial ini harus tetap dilestarikan sebagai bagian dari jiwa bangsa. Sekaligus sebagai modal dalam menjawab berbagai tantangan kebangsaan yang hadir seiring dinamika zaman," sambung Bamsoet.

Bamsoet berharap ajang Teropong Parlemen Awards dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang agar tidak lelah mengabdikan diri pada kepentingan masyarakat sesuai kemampuan dan bidang masing-masing.

"Penyelenggaraan acara ini juga menyiratkan komitmen bersama, bahwa pandemi tidak menghalangi kita untuk tetap berkarya dan berkinerja. Sekaligus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan performa anggota dewan dan majelis dalam melaksanakan tugas konstitusional," ulas Bamsoet.

Selain penghargaan Parliament of The Year 2021, sebelumnya Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini juga telah mendapatkan berbagai penghargaan. Penghargaan yang diperoleh Bamsoet, antara lain Adhi Karya Award (1995), Top Eksekutif Indonesia (1996), PWI News Maker Award (2010), The Best and The Next Legislator Award 2014 dari Berlian Organizer (2014),10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik dari Polaris Data and Story Lab (2018), Anugerah Pers Jawa Tengah (2018), Best Communicators (2018), Golden Democracy Award (2018).

Ada pula penghargaan The Best and The Next Legislator Award 2019 dari Berlian Organizer (2019), Parliament of The Year 2019 (2019), Best Parliamentarians (2019), IJTI Jawa Tengah Award dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Jawa Tengah (2019), Democracy Award (2019), Indonesia Digital Initiative Awards dari Diksi Digital Indonesia, Maven Digital Asia dan Circle Communication (2019).

Dilanjutkan Parliament of The Year 2020 (2020), Rising Star of Democracy (2020), Best Institution Leader (2020), Inspiring Leader of Politician (2020), dan APERSI Award 2020 dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI).

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga mengoleksi berbagai rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), di antaranya Penyelenggara Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia (2019), Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kejuaraan Tembak Nasional Legislator Championship dengan Penembak Terbanyak (2020), dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Anggota Komunitas Motor Terbanyak (2020).

Lihat juga Video: Anies-Atta Halilintar Hadiri Pelantikan Bamsoet Sebagai Ketua IMI

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)