Surat Pencopotan James Arthur dari DPRD Sulut Sudah Dikirim ke Kemendagri

Trisno Mais - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 18:24 WIB
Michaela Elsiana Paruntu saat memenuhi undangan BK DPRD Sulut terkait dugaan perselingkuhan suaminya, James Arthur Kojongian (Trisno Mais/detikcom)
BK DPRD Sulut merekomendasikan James Arthur Kojongian dicopot dari jabatan pimpinan DPRD Sulut. (Trisno Mais/detikcom)
Manado -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) telah mengajukan surat pencopotan James Arthur Kojongian (JAK) dari Wakil Ketua DPRD Sulut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pihak Pemprov memastikan surat pemberhentian dipastikan telah diterima pada 8 Maret 2021.

"Gubernur yang mengirim ke Mendagri. Kan rekomendasi disampaikan ke Mendagri melalui Gubernur. Jadi Gubernur sudah kirim ke Mendagri. Tanda terima itu diterima hari Senin tanggal 8 Maret," kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulut Jemmy Kumendong saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (17/3/2021).

Kumendong menjelaskan proses pemberhentian merupakan kewenangan Mendagri.

"Setelah dikirim proses SK pemberhentian Kemendagri. Paling 3 minggu akan ada balasan. Kan dorang (Mendagri) perlu pengkajian lagi," jelasnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen tidak mau ambil pusing atas keputusan internal Partai Golkar. Namun dia mengingatkan bahwa DPRD punya aturan yang harus dipatuhi.

"DPRD itu ada aturan yang mengikat secara kelembagaan ke dalam. Kita tunggu surat balasan Mendagri. Karena Mendagri yang mengangkat dan memberhentikan. Jadi kita menyurat ke sana," kata Silangen.

Menurut Silangen, dirinya tidak mau berspekulasi terkait surat balasan Mendagri.

"Lihat saja proses. Kita sudah kerjakan. Ada pemberitahuan ke Pemprov dan Pemprov tindak lanjut ke Mendagri," tutur politikus PDIP ini.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sulut Raski Mokodompit enggan berkomentar banyak. Dia mengajak masyarakat bersabar.

"Masih sementara berproses di internal partai. Mohon bersabar," kata Raski saat dimintai konfirmasi.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2