20 Kali Aksi, Komplotan Pencuri Onderdil Bus TransJ Ditangkap Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 18:21 WIB
Jakarta -

Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkap komplotan pencurian onderdil bus TransJakarta. Delapan pelaku yang ditangkap sudah melakukan aksinya puluhan kali.

"Pengakuannya sudah 20 kali melakukan aksinya karena banyak bus TransJakarta yang tidak beroperasi, trouble, diparkir di sana rata-rata mereka curi, jadi besi-besinya sudah habis," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Kedelapan pelaku ini berinisial Z (29), AHS (31), FR (35), AS (31), EBH (28), K (35), HF (35), dan H (35). Para pelaku ini diamankan berdasarkan laporan yang dilayangkan pihak TransJakarta ke polisi pada Sabtu (13/3).

Polisi bergerak cepat menindaklanjuti laporan tersebut. Pada Sabtu (13/3) sore, enam pelaku kemudian diamankan polisi di sekitar Terminal Pulogadung.

"Kebanyakan profesi mereka pengamen dan preman di sekitar Terminal Pulogadung. Mereka rata-rata bertato, mereka yang sering ngumpul-ngumpul di terminal," ungkap Yusri.

Dua pelaku lainnya kemudian diamankan polisi di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, dua hari berselang. Menurut Yusri, para pelaku leluasa melakukan aksi pencurian tersebut setelah salah satu tempat di Terminal Pulogadung tidak dijaga oleh petugas.

Total ada 36 bus TransJakarta yang terparkir di lokasi tersebut dan telah menjadi sasaran pencurian dari pelaku.

"Kalau dilihat dari luarnya 36 unit ini tersusun rapi masih mulus, tapi dari dalamnya sudah habis dikanibal oleh mereka. Pengakuannya sudah 20 kali beraksi," ungkap Yusri.

Para pelaku kini telah ditahan di Polda Metro Jaya. Kedelapan pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.

(ygs/mea)