Polres Pelabuhan Priok Bongkar Peredaran Dolar Palsu di Kelapa Gading

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 14:50 WIB
Polres Pelabuhan Tanjung Priok ungkap peredaran dolar palsu.
Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkap peredaran dolar palsu. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan empat orang berinisial ES, MT, AD, dan S di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara (Jakut). Keempat pelaku ditangkap karena mengedarkan dolar Amerika Serikat (AS) palsu.

Pengungkapan itu bermula saat petugas mengamankan tersangka ES dan MT di area salah satu mal di Kelapa Gading, Jakut. Dari tangan keduanya polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa dolar palsu pecahan nominal USD 100.

"Kita geledah ditemukan dalam tas ES uang dolar palsu sebanyak 21 ikat yang setiap ikat berisi 100 pecahan USD 100," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Petugas kemudian melakukan penyelidikan kepada kedua tersangka dan diketahui uang dolar palsu itu didapat kedua tersangka dari pelaku inisial DV. Kepada polisi, ES dan MT sempat bertransaksi jual-beli uang dolar itu di Bandung.

"Keduanya bertemu untuk menukarkan dengan uang rupiah uang 21 ikat dolar palsu tersebut dengan senilai Rp 140 juta, namun tidak terjadi karena uang dolar yang diinginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan pembeli," ujar Putu.

Hasil penyelidikan polisi kemudian berhasil mengungkap asal dolar Amerika palsu tersebut. Kedua pelaku mengaku mendapatkan uang itu dari AD. Pelaku AD mendapatkan uang palsu itu dari hasil transaksi pembelian hewan reptil oleh pelaku inisial E yang saat ini masih dalam pengejaran.

"Uang dolar USD tersebut dari hasil jual beli hewan reptil di mana pembeli E yang dalam pencarian. Hasil pemeriksaan bahwa uang tersebut dibeli senilai Rp 6 juta pada 2018," ujar Putu.

Keempat tersangka kini telah ditahan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Para pelaku dijerat dengan Pasal 244 KUHP dan 245 KUHP tentang peredaran uang palsu dengan ancaman 15 tahun penjara.

(mea/mea)