detikcom Do Your Magic

Sampah Pasar Ajibarang Sudah Diangkut tapi Masih Ada yang Buang Sembarangan

Mochammad Yusuf Fanany - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 14:27 WIB
Pasar Ajibarang sudah dibersihkan dari tumpukan sampah, tapi sampah yang dibuang sembarangan muncul lagi. 17 Maret 2021. (Dok Istimewa/pedagang Pasar Ajibarang)
Pasar Ajibarang sudah bersih dari tumpukan sampah, tapi sampah yang dibuang sembarangan muncul lagi, Rabu, 17 Maret 2021. (Dok Istimewa/pedagang Pasar Ajibarang)
Banyumas -

Sampah yang menumpuk dan berserakan di Pasar Induk Ajibarang baru saja diangkut. Sayang sekali, hari ini sampah kembali menampakkan diri, dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggung jawab.

Rabu (17/3/2021), pedagang pasar setempat melaporkan situasi terbaru di Pasar Ajibarang, pasar terkemuka di Banyumas Barat, Jawa Tengah.

Terlihat, sampah kembali menumpuk di kawasan pasar yang kemarin sudah dibersihkan. Memang sampah itu tidak sebanyak dua hari lalu saat sampah belum diangkut truk, namun keberadaan sampah itu menjadi bukti bahwa orang masih bisa buang sampah sembarangan di lokasi. Kepala Pasar Induk Ajibarang, Cahyono, menanggapi.

Pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 16 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)Pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 16 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)

"Terkait pembuangan itu, terkadang ada orang dari luar pasar yang membuang sampahnya di dalam pasar," kata Cahyono saat dimintai tanggapan oleh detikcom di kantor Pasar Ajibarang, Selasa (16/3/2021).

Perlu pengawasan di Pasar Ajibarang supaya tidak ada lagi yang membuang sampah di tengah jalan kawasan itu. Namun masalahnya, pihak pasar belum punya cukup personel. Meski begitu, rencana penjagaan kebersihan Pasar Ajibarang sudah dicanangkan sebagai solusi masalah ini.

"Karena keterbatasan tenaga kerja, pihak pasar juga merasa kewalahan saat mengawasi hal tersebut. Solusinya adalah penempatan petugas di area tersebut, dan saat ini penempatan petugas itu sudah direncanakan," kata Cahyono.

Selanjutnya, langkah penanganan direncanakan: