detikcom Do Your Magic

Agar Tak Kemproh, Pasar Ajibarang Akan Kerja Bakti dan Rutin Angkut Sampah

Mochamad Yusuf Fanany - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 21:59 WIB
Kepala Pasar Induk Ajibarang, Cahyono, berkemeja putih, di lokasi yang semula menjadi timbunan sampah di Pasar Ajibarang. (M Yusuf Fanany/detikcom)
Kepala Pasar Induk Ajibarang, Cahyono, berkemeja putih, di lokasi yang semula menjadi timbunan sampah di Pasar Ajibarang. (M Yusuf Fanany/detikcom)
Banyumas -

Sampah yang sebulan menumpuk di Pasar Ajibarang sudah diangkut. Supaya sampah tak lagi bikin Pasar Ajibarang terkesan kemproh alias jorok, Pemerintah Kabupaten Banyumas bakal mengadakan pengangkutan sampah secara berkala.

"Kita pengelola pasar dan Disperindag Kabupaten Banyumas sudah menyiapkan program-program yang kedepannya dapat menanggulangi sampah di pasar ini," ucap Kepala Pasar Induk Ajibarang, Cahyono, yang ditemui oleh detikcom di Kantor Pasar Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (16/3/2021).

Cahyono bersama dengan pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyumas, Heri Purnomo, menyatakan ada dua langkah yang disiapkan untuk menanggulangi sampah ini.

Pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 16 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)Pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 16 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)

Pertama, kebersihan sampah Pasar Ajibarang akan kembali dipegang dan dikelola penuh oleh pasar sendiri. Pihak pengelola pasar bersama dengan pedagang akan melaksanakan kerja bakti secara berkala, kerja bakti ini pernah dilakukan sebelumnya saat swasta belum masuk.

"Kedepannya, nanti kebersihan pasar akan dikelolah oleh pihak pasar sendiri, memanfaatkan tenaga kerja yang ada, melakukan kerja bakti seperti waktu dulu berkala bersama dengan pedagang, sambil truk sampah ngikuti kita di belakang," kata Cahyono.

Kedua, pihak Pasar Ajibarang akan mengajukan mesin pemotong sampah, dengan harapan. nantinya sampah yang keluar dari pasar ini sudah melalui tahap pemrosesan.

Selanjutnya, kapan perbaikan akses menuju tempat pembuangan sampah Pasar Ajibarang?