Anies Dampingi JK Lantik Ketua hingga Pengurus DMI DKI di Balai Kota

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 14:20 WIB
JK lantik pengurus DMI DKI di Balai Kota.
JK melantik pengurus DMI DKI di Balai Kota. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyambangi kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta. JK mengukuhkan ketua hingga pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta masa Khidmat 2020-2025.

Pelantikan digelar secara tertutup. Usai acara itu, Anis sebagai tuan rumah lokasi pelantikan menyampaikan selamat kepada kepengurusan DMI DKI yang baru.

"Baru saja kita di Balai Kota menjadi tuan rumah pengukuhan pelantikan ketua dan pengurus Dewan Masjid Indonesia wilayah DKI Jakarta yang dipimpin oleh Kiai Haji Makmun Al Ayyubi. Kami menyampaikan selamat bertugas ada amanat yang besar dititipkan di para pengurus DMI DKI Jakarta," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2021).

Anies menyebut permasalahan lingkungan hidup selalu melanda Ibu Kota. Untuk itu, Anies meminta ke depannya masjid dikelola dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan. Dengan begitu, masjid-masjid di Ibu Kota bisa menjadi percontohan wilayah lain.

"Tadi kami pesankan agar masjid-masjid di Jakarta bisa menjadi percontohan sebagai tempat beribadah yang ramah lingkungan yang pengelolaan sumber dayanya terutama sumber daya air dikelola dengan baik yang insyaallah nantinya bisa menjadi tempat rujukan bagi seluruh masyarakat di sekitar masjid di dalam mengelola lingkungan yang baik. Karena salah satu masalah yang dihadapi di Jakarta adalah masalah lingkungan hidup," ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, JK berpesan agar masjid tak hanya dijadikan tempat ibadah, tapi juga tempat untuk mengenyam pendidikan dan memberikan suasana damai. Bahkan, masjid bisa difungsikan sebagai lokasi vaksinasi COVID-19 hingga pengungsian banjir.

"Di lain pihak juga kami mengharapkan masjid ini di samping tempat ibadah, pendidikan, juga memberikan suasana damai bagi masyarakat apa lagi dalam suasana pandemi ini juga berfungsi sebagai tempat pengamanan, kalau perlu tempat vaksinasi karena mempunyai halaman yang luas, ada masjid yang mempunyai tempat yang bersih. Itu dapat dilakukan secara bersama-sama juga tempat pengungsian kalau terjadi banjir atau bencana lainnya. Masjid memiliki fungsi yang beragam sebagai bantuan atau kebutuhan umat dapat terpenuhi. Itu lah harapan saya sekali lagi atas acara ini," sebut JK.

Terakhir, JK mengapresiasi kinerja Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan bantuan pengelolaan masjid di Indonesia.

"Saya juga tadi mengucapkan selamat kepada pengurus DMI yang baru. Yang kedua ucapan terima kasih kepada Pak Gubernur DKI karena Pemda DKI yang paling banyak memberikan bantuan pengelolaan mesjid di Indonesia, ini secara provinsi. Jadi Rp 100 miliar setahun diberikan hanya untuk membantu masjid, membantu imam, membantu pengelola-pengelolaan masjid dan sampai marbut masjid dibantu agar terjadi kelancaran," jelasnya.

(idn/idn)