Round-Up

Terkuak Modus Baru Penyelundupan Senpi ke Papua dalam Kondisi Rusak

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 23:08 WIB
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan (Dok. Puspen TNI)
Jakarta -

TNI membeberkan modus baru penyelundupan senjata api (senpi) ke Papua. Caranya adalah membongkar bodi senjata dan memisahkannya menjadi beberapa bagian.

"Ini motif baru dalam penyelundupan senjata api, dengan cara dikirim terpisah," kata Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi (PWY), Brigjen TNI Izak Pangemanan, seperti dikutip detikcom dari situs resmi TNI, Selasa (16/3/2021).

Tak hanya modus bongkar bodi senpi, Izak menyebutkan modus lain penyelundup juga menyamarkan penyelundupan dengan mengirim senjata dalam bentuk rusak.

"Yang akan mereka perbaiki," ucap Izak.

Lantas, siapakah yang menyelundupkan senjata api ke Papua? "Masih dalam proses penyelidikan untuk mencari tahu siapa pemasok bagian senpi tersebut," jawab Izak.

Izak mengapresiasi kerja Satgas Pamtas RI-Papua Nugini dari Yonif Raider 100/PS yang telah menggagalkan penyelundupan spare part senpi dan amunisinya. Izak menerangkan cakupan wilayah yang luas di sepanjang perbatasan RI-Papua Nugini membuat pengawasan tak menjangkau semua titik.

Izak meminta masyarakat bisa turut berperan dalam pengawasan perbatasan negara.

Kasus penyelundupan senjata ke Papua yang terakhir membuat heboh adalah yang melibatkan oknum TNI-Polri dan warga sipil. Kasus ini terungkap pada Februari 2021 kemarin. Senjata dan amunisi diduga dijual ke kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Baca artikel selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2