Pria di Riau Dicokok Curi 69 Tandan Sawit Pakai Truk, 3 Rekannya Diburu

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 17:43 WIB
Pria paruh baya di Kabupaten Kampar, Riau, berinisial CU ditangkap polisi usai mencuri 69 tandan buah sawit pakai truk (dok Polres Kampar)
Foto: Pria paruh baya di Kabupaten Kampar, Riau, berinisial CU ditangkap polisi usai mencuri 69 tandan buah sawit pakai truk (dok Polres Kampar)
Pekanbaru -

Pria paruh baya di Kabupaten Kampar, Riau, berinisial CU ditangkap polisi usai mencuri 69 tandan buah sawit pakai truk. CU ditangkap saat mengangkut sawit dari kebun di Desa Pamingke.

Kasubag Humas Polres Kampar, AKP Deni Yusra, mengatakan ada 3 orang pelaku lain yang ikut mencuri sawit. Polisi bergerak menindak komplotan ini setelah mendapat laporan dari kelompok tani sawit Cahaya Asisi Mteluco.

"Petugas yang dipimpin Kapolsek Tapung Kompol Sumarno langsung menuju lokasi setelah mendapat informasi. Sesampai di lokasi, petugas dan warga mengamankan CU," terang AKP Deni kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Pelaku CU ditangkap pada Rabu (3/3) oleh Unit Reskrim Polsek Tapung. Kepada polisi, CU mengakui mencuri sawit bersama 3 orang temannya. Namun ketiga rekannya kabur saat akan ditangkap.

Sementara dari tangan pelaku CU petugas mengamankan barang bukti berupa 1 unit truk berwarna kuning biru bernopol BM-8220-FC. Di dalamnya terdapat 69 tandan buah kelapa sawit.

"Ada juga 1 buah angkong, 1 buah kampak, dan 2 unit sepeda motor tanpa pelat," kata Deni.

Atas perbuatannya, pelaku saat ini ditahan di Mapolsek Tapung. Sementara tiga pelaku lain yang telah diketahui identitasnya masih diburu petugas.

"Tersangka dan barang bukti kini telah diamankan di Polsek Tapung untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Pelaku lain masih dikembangkan," kata Deni.

Korban, Loly Manalu, mengatakan aksi pencurian sudah lebih dari 3 kali dalam sepekan. Loly menyebut aksi pencurian tak sedikit. Sekali beraksi, pelaku bisa menggasak puluhan-ratusan buah sawit dengan truk.

"Sebenarnya sudah lama, jadi saya dapat informasi sudah sering. Tapi sebelumnya sudah sering pencurian, ada seminggu 3 kali sawit kelompok tani dicuri," kata Loly.

"Jadi mereka ngambil tidak sedikit, pakai truk. Itu yang sangat merugikan kami dari petani dan sudah resah, sawit hilang terus," tambahnya.

Tonton juga Video: Parahnya Kerusakan Jalan di Riau, Hingga Ditanami Pisang dan Sawit

[Gambas:Video 20detik]



(ras/jbr)