ADVERTISEMENT

TNI AL Bantu Polairud Gagalkan Penyelundupan 903 Telur Penyu di Kaltim

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 16:17 WIB
TNI-Polri gagalkan penyelundupan 903 telur penyu di Kaltim
Foto: TNI-Polri tangkap penyelundup telur penyu di Kaltim (Dok. TNI Angkatan Laut)
Kutai Timur -

Aparat gabungan TNI-Polri mengamankan dua orang yang membawa sebuah kardus berisi ratusan butir telur penyu. Mereka ditangkap di Pos TNI AL (Posal) Muara Sangatta, Lanal Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim).

Penyelundupan itu digagalkan berkat informasi yang diterima personel Unit Patroli Sangatta Pos Polairud Polda Kaltim. Mulanya polisi menerima informasi soal akan ada pengiriman telur penyu.

"Berdasarkan informasi, KM Lintas Borneo yang dinakhodai oleh Saudara Abransyah mengantarkan lima orang pemancing yang berangkat dari Pelabuhan TPI Kenyamukan," kata Danpos TNI AL Muara Sangatta, Pelda Nur Rofik, seperti dikutip detikcom dari situs resmi TNI, Selasa (16/2/2021).

Telur penyu informasinya akan diselundupkan dari Pulau Birabirahan menuju Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kenyamukan, menggunakan kapal nelayan. Polisi akhirnya meminta bantuan Posal untuk memeriksa kapal nelayan yang berlabuh.

"Namun akibat cuaca buruk, KM Lintas Borneo berlindung di Perairan Birabirahan. Bertepatan dengan itu, naik dua orang untuk menumpang tujuan ke Sangatta dengan membawa satu buah kardus," sambung Rofik

Kedua terduga penyelundup telur penyu diamankan setibanya kapal di Pelabuhan TPI Kenyamukan, Desa Singa Muda, Sangatta Utara, Minggu (14/3). Kapten kapal mengaku tak tahu kalau dua penumpangnya hendak menyelundupkan ratusan telur penyu.

"Saudara Abransyah tidak mengetahui isi di dalam kardus tersebut," ucap Rofik.

(aud/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT