1 Warga Sulsel Terpapar Corona B117 dari Luar Negeri, Dinkes Lakukan Tracing

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 13:31 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/serts)
Makassar -

1 Orang warga Sulawesi Selatan (Sulsel) sempat terpapar varian baru virus Corona (COVID-19) B117 saat datang dari luar negeri. Warga tersebut sudah negatif B117, namun Dinkes Sulsel melakukan tracing kontak langsung warga tersebut.

"Jadi (warga terpapar B117) WNI yang bekerja dari luar negeri terus pulang dan diidentifikasi ternyata B117, tapi sudah di isolasi di Jakarta, di karantina dan sudah negatif," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit Dinkes Sulsel, Nurul AR saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (16/3/2021).

Setelah dinyatakan negatif, pasien ini kemudian kembali ke Sulsel. Pihak Dinkes, kata Nurul melakukan langkah preventif dengan segera melakukan tracing kontak pasien.

"Kita ini kan orang lapangan, orang surveillance, jadi semua kemungkinan sudah terpikirkan. Kalau pun dia sudah negatif, kita tetap melakukan pelacakan terhadap kontak-kontaknya," sebutnya.

"Kita sudah periksa, dilakukan pemeriksaan dan sudah dikirim sampelnya ke pusat dan tinggal tunggu hasilnya. Tapi kan ini bentuk kehati-hatian saja," imbuh dia.

Riwayat perjalanannya warga tersebut diketahui berasal dari Arab Saudi sebelum masuk ke Indonesia, akhirnya di karantina di Jakarta selama beberapa hari.

"Sudah lama negatifnya, selama di Jakarta tidak boleh ke mana-mana sebelum clear," ungkapnya.

(tfq/nvl)