Sekolah soal Wanita Magang Jadi ABK Dicabuli Kapten Kapal: Sudah Alumni

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 12:20 WIB
Poster
Foto Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Konawe -

Pihak sekolah angkat bicara terkait wanita magang menjadi anak buah kapal (ABK) dan dicabuli hingga nyaris diperkosa kapten kapal inisial AK di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pihak sekolah menyebut wanita yang menjadi korban AK merupakan alumninya.

"Korban sebenarnya statusnya sudah selesai di sekolah kami, statusnya sebenarnya sudah lulus," kata humas sekolah tersebut kepada detikcom, Rabu (16/3/2021). Nama sekolah dan narasumber yang mewakili sekolah tidak disebutkan untuk melindungi identitas korban.

Pihak sekolah mengungkapkan korban mengikuti kegiatan magang di kapal yang dinakhodai pelaku atas inisiatif sendiri dan bukan dalam rangka menyelesaikan tahap akhir di sekolah. Korban magang di kapal tersebut karena ingin mencari pengalaman.

Lebih lanjut, pihak sekolah menyebutkan sekolah tempat korban dulunya belajar memiliki standar khusus dalam program magang, apalagi jika ada siswinya yang akan mengikuti program tersebut.

"Itu kita akan lepas kalau kita pastikan kapten kapalnya perempuan. Kedua ada temannya perempuan yang ikut juga, ketiga harus ada alumni juga atau kakak kelasnya di kapal itu," jelasnya.

Status korban yang sudah alumni tersebut membuat pihak sekolah tak bisa mencampuri keputusan korban magang di kapal pelaku. Namun, kendati korban berstatus alumni, pihak sekolah tetap menjalin komunikasi, khususnya kepada korban yang nyaris diperkosa oleh kapten kapal.

"Begitu kejadian kita pihak sekolah langsung membangun komunikasi sama keluarganya sama si korban sendiri. Cuma karena korban bilang dia nggak apa-apa dan sudah ditangani kepolisian ya kita tidak terlalu tindak lanjuti, karena kepolisian sudah menangani," katanya.

Dari laporan yang diterima pihak sekolah, korban saat ini tengah berada di kampung halamannya dan tidak lagi melanjutkan proses magang di kapal pelaku. Kondisi korban juga dipastikan baik dan tidak sampai mengalami gangguan psikologis atas aksi pelaku.

"Alhamdulillah (kondisi korban) baik-baik. Sampai saat ini alhamdulillah tidak perlu pendampingan psikologis," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang kapten kapal berinisial AK ditangkap aparat Polsek Bondoala, Konawe, Sultra, setelah melakukan pencabulan hingga hendak memperkosa seorang ABK perempuan yang berstatus magang. AK sendiri telah ditahan setelah ditetapkan tersangka pencabulan dan dijerat Pasal 294 KUHP pada Sabtu (13/3).

Sementara itu, korban sendiri sempat disebut berstatus sebagai mahasiswi magang. Tapi belakangan diketahui status korban baru saja menyelesaikan pendidikan di SMK Pelayaran Katangka Makassar dan sedang bersiap masuk ke akademi pelayaran.

Simak video 'Viral Mahasiswi Magang Jadi ABK Dicabuli Kapten Kapal':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)