Tersangka Kasus Pembongkaran Makam COVID-19 di Parepare Jadi 14 Orang

Hasrul Nawir - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 13:05 WIB
Makam COVID di Parepare dibongkar dan jenazah hilang (Hasrul/detikcom).
Foto: Makam COVID di Parepare dibongkar dan jenazah hilang (Hasrul/detikcom).
Parepare -

Polisi telah merampungkan pemeriksaan terhadap saksi kasus pembongkaran makam dan pengambilan jenazah di pemakaman khusus pasien COVID-19 di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tersangka kasus ini telah bertambah menjadi 14 orang.

"Hari ini proses pemeriksaan dinyatakan rampung dan penyidik Satreskrim Polres Parepare telah resmi menetapkan 14 orang sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes E Zulfan, saat dihubungi detikcom, Selasa (16/3/2021).

Penetapan terhadap 14 orang tersebut, kata Zulpan, setelah mendalami keterangan para saksi secara estafet. Tersangka punya peran masing-masing dalam kasus ini.

"Ada yang berperan mencangkul, menggali dan mengambil serta memindahkan jenazah," bebernya.

Zulpan juga menjelaskan lokasi jenazah yang dipindahkan. "Jadi ada 3 di Kabupaten Pinrang dan 4 di Kota Parepare," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan ada sebanyak 7 makam pasien COVID-19 yang dibongkar dan jenazahnya dipindahkan. Ternyata jenazah COVID itu dipindahkan keluarga ke pemakaman lain di Kabupaten Pinrang.

Jenazah COVID-19 yang dimakamkan di pemakaman khusus COVID di Parepare itu dipindahkan ke 3 tempat pemakaman umum (TPU) berbeda di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

"Setelah beritanya (pembongkaran makam COVID-19 di Parepare) viral, kami langsung melakukan pendataan, dan ternyata dari 4 warga Kecamatan Suppa yang dimakamkan di pekuburan COVID-19 di Kota Parepare, 3 makam dipindahkan ke sini," kata Camat Suppa Andi Amran kepada wartawan, Selasa (16/3).

Menurut Amran, jenazah COVID-19 yang dipindahkan makamnya ke wilayah Suppa ialah Nusriah Latarompong yang meninggal 26 Desember 2020, Bakri Talibe yang meninggal 14 Februari 2021, serta Rusni yang meninggal 17 Februari 2021.

Ketiga jenazah tersebut dipindahkan keluarganya sendiri dari Parepare ke Pinrang atas inisiatif sendiri. Warga memindahkan makam keluarganya karena menemukan sejumlah makam COVID lainnya juga dibongkar dan jenazahnya dipindahkan.

(jbr/jbr)