detikcom Do Your Magic

Atasi Genangan, Petugas Mulai Buat Saluran Air di Jl Industri Bekasi

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 10:51 WIB
Pembuatan saluran air di Jl Raya Industri, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.
Foto: Pembuatan saluran air di Jl Raya Industri, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bekasi -

Genangan air kerap dikatakan sebagai penyebab rusaknya Jl Industri, Cikarang Selatan, Bekasi. Usai memperbaiki jalan tersebut, kini petugas Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat mulai membuat saluran air.

Pantauan detikcom di lokasi pada Selasa (16/3/2021) pukul 10.15 WIB. Terlihat beberapa petugas sedang melakukan pekerjaannya untuk membuat saluran air. Sekitar tujuh orang petugas mulai menggali bahu jalan di dekat PT Mulia Keramik.

Petugas yang hadir nampak mengenakan seragam berwarna kuning bertulis UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan. Di cuaca yang panas petugas melakukan pekerjaannya dengan alat seadanya seperti cangkul.

Kondisi jalan tersebut sudah rapi udah diperbaiki Senin (15/3) kemarin. Namun jalan tersebut masih terlihat berdebu. Arus lalu lintas pagi ini juga terlihat lengang.

Air memang kerap menggenang di badan jalan ketika jalan tersebut diguyur hujan. Pembuatan saluran air merupakan tindak lanjut dari genangan air yang dikatakan menjadi penyebab jalan kerap rusak.

"Untuk kedepan kita akan perbaikin bahu jalan serta membuat saluran kali air, drainase," ujar Pengamat Jalan Wilayah Kabupaten Bekasi, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Agus Salim saat ditemui di lokasi, Senin (15/3).

Selain pembuatan saluran air, bahu jalan juga akan diperbaiki agar air tidak menggenang di badan jalan. Rencananya panjang saluran air yang akan dibuat sekitar 50 meter di titik jalan yang kerap rusak.

"Kali airnya, sekalian perapian bahunya diturunkan biar air bisa mengalir ke bahu dari badan jalan," jelasnya.

Simak juga 'Pemalsu Dolar AS di Bekasi Sudah Edarkan Uang Senilai Total Rp 78 M':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)