Balapan Liar di Kemayoran Jakpus, Belasan Motor Diangkut Polisi

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 15:04 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Polisi menggelar Operasi Cipta Kondisi di kawasan rawan balapan liar di Kemayoran, Jakarta Pusat. Hasilnya, belasan sepeda motor diangkut polisi.

Kapolsek Kemayoran, Kompol Imam Irawan mengatakan operasi tersebut digelar pada Minggu (14/3) dini hari. Selain kepolisian, sejumlah personel Koramil, Satpol PP, dan Dishub dilibatkan.

"Kegiatan ini juga sekaligus diperuntukan mengantisipasi guantibmas, fokus kepada aksi balap liar, tawuran antarwarga, dan aksi tindak kejahatan jalanan yang meresahkan warga dan lingkungan," ujar Kapolsek Kemayoran, Kompol Imam Irawan dalam keterangannya seperti dikutip detikcom, Senin (15/3/2021).

Imam mengatakan, selain meresahkan warga karena suara bising yang ditimbulkan, kegiatan balap liar ini menimbulkan kerumunan. Tidak hanya itu, balap liar juga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Dia menegaskan pihaknya melakukan pendekatan humanis dalam membubarkan warga yang berkerumun. Sebab, kata Imam, pihaknya turut memeriksa pemuda-pemudi yang sedang nongkrong di pinggir jalan.

"Hasil Operasi Cipkon, berhasil mengamankan belasan sepeda motor tanpa dilengkapi surat dan pelat nomor kendaraan," ucapnya.

Imam memastikan pihaknya akan melakukan operasi tersebut secara berlanjut. Selain menggelar operasi, pihaknya juga akan melakukan edukasi terhadap warga.

"Kami bersama tiga pilar Kemayoran, Jakarta Pusat, secara berkelanjutan melaksanakan Operasi Cipkon dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID19 guna mencegah penyebaran virus COVID-19," kata dia.

Lihat juga Video: Duh, Marka Jaga Jarak Malah Dipakai Driver Ojol untuk Balapan Liar

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)