Kementerian ESDM Vaksin 5.198 Pegawai Selama 5 Hari

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 09:57 WIB
vaksin
Foto: Kementerian ESDM
Jakarta -

Vaksinasi untuk pegawai di lingkungan Kementerian ESDM dilakukan bertahap selama 5 hari mulai Jumat (12/3) sampai Selasa (16/3). Vaksin diberikan kepada pegawai di wilayah kerja DKI Jakarta.

Sebanyak 5.198 orang, terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah Non PNS (PPNPN) serta tenaga outsourcing di Kementerian ESDM yang divaksin.

"Kementerian ESDM, didukung Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan rumah sakit di sekitar kantor Kementerian ESDM menyelenggarakan vaksinasi massal untuk sekitar 5.500 pegawai di Kementerian ESDM yang wilayah kerjanya di DKI Jakarta," jelas Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kementerian ESDM Upik Jamil dalam keterangan tertulis, Senin (15/3/2021).

Upik menguraikan rata-rata 1.000 pegawai per hari yang disuntik vaksin, sehingga dalam waktu lima hari program vaksinasi bisa selesai.

"Hingga memasuki hari ketiga (14/3) ini, semua program berjalan lancar," ungkap Upik.

Program vaksinasi di Kementerian ESDM melibatkan 120 tenaga kesehatan, termasuk tim kesehatan Kementerian ESDM. Pelaksanaan vaksinasi ini difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan beberapa rumah sakit rujukan, yaitu RS Abdi Waluyo, RS PGI Cikini, RSUD Tarakan dan RS Johar.

Yuni, salah seorang anggota tim monitoring Kemenkes mengatakan pihaknya terus melakukan pendampingan dan memonitor jalannya kegiatan vaksinasi di kementerian/lembaga dengan mengirimkan tim terkait pelaksanaan vaksinasi.

"Kementerian Kesehatan membentuk tiga tim untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di lingkungan kementerian/lembaga. Tim tersebut bertugas memberikan pendampingan dan memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan oleh kementerian dan lembaga. Seperti misalnya pengolahan limbah medis pascavaksinasi dan bantuan logistik lainnya," papar Yuni.

Simak juga video 'WHO: Tak Ada Hubungan Vaksinasi AstraZeneca dengan Pembekuan Darah':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)