Libur Hari Raya Nyepi, 15 Ribu Orang Berkunjung ke TMII

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 14 Mar 2021 21:02 WIB
Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya melarang keramaian saat malam tahun baru 2021. TMII pun tutup saat malam pergantian tahun tersebut.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ramai dikunjungi warga untuk berwisata selama libur hari Raya Nyepi 2021. Tercatat, sebanyak 15 ribu pengunjung menyambangi kawasan ini.

"Untuk hari ini pengunjung taman mini ada 15 ribu. Iya, dari pagi," kata Kepala Bagian Humas TMII Adi Widodo saat dihubungi, Minggu (14/3/2021).

Adi menyampaikan ini merupakan jumlah pengunjung terbanyak selama penerapan PPKM Mikro di DKI Jakarta. Dia menerangkan lonjakan pengunjung sebelumnya juga terjadi saat libur Imlek pada 12 Februari 2021 lalu, mencapai 12 ribu.

Sedangkan, rata-rata pengunjung mendatangi kawasan TMII di hari biasa kisaran 5 ribu orang. Untuk hari Sabtu sekitar 5-6 ribu orang dan hari Minggu mencapai 10 ribu orang.

"Selama PPKM Mikro ini jumlah terbanyak, mungkin dimulai dari imlek kemarin ya, kemudian Nyepi ini. Kalau menurut saya masyarakat mulai mau keluar rumah. Kalau Imlek kemarin kita di bawah 15 ya, kisaran 12 ribu," imbuhnya.

Di sisi lain, TMII masih membatasi kapasitas pengunjung sebanyak 30 ribu orang per hari. Meskipun dibatasi, jumlah pengunjung saat pandemi COVID-19 tak pernah sampai batas maksimal.

"Kalau dari (pemprov) 50 persen, berarti kita 30 ribu. Selama pandemi ini kita belum sampai," ungkapnya.

TMII mulai beroperasional sejak pukul 08.00-17.00 WIB. Pengunjung bisa membeli tiket melalui online maupun on the spot di lokasi.

"Tiket masuk beli online bisa, kemudian beli langsung di loket juga bisa, itu tunai maupun non tunai. Walaupun ke depan kita arahkan sesuai anjuran pemda, pemerintah itu kan non tunai," ucapnya.

(dwia/dwia)